Menghitung Jumlah Kata Pada Posting Blog

Cara Menghitung Jumlah Kata Dalam Posting Blog - Pertanyaan mungkin saja diajukan oleh blogger pemula yang membaca judul tulisan ini: "Lha, ngapain musti menghitung jumlah kata pada artikel mas .. ?!?".
Sama seperti saya dulu waktu pertama kali lihat judul postingan sejenis ini di blog tetangga, heran ngapain juga musti repot-repot ngitung berapa total kata dalam satu posting. Yang penting kan nggak terlalu sedikit banget dan isinya bisa dipahami oleh pengunjung blog yang membacanya. Namun setelah membaca postingannya dan tau alasannya, oh ... ternyata ini ada kaitannya dengan SEO.
Baiklah cukup curhatan saya, sedikit akan saya jelaskan untuk sahabat kita pemula yang mungkin bertanya demikian.

Content SEO
Dalam ilmu SEO lebih tepatnya SEO On Page, salah satu teknik yang bisa dilakukan seorang blogger adalah membuat postingan yang baik. Baik dalam SEO tentu saja bermaksud pada baik dan disukai oleh Search Engines, Google contohnya.
Disinilah menurut para pakar SEO beranggapan bahwa artikel blog yang disukai oleh Search Engines salah satunya yaitu harus memiliki kepadatan tulisan, dalam arti panjang tulisan artikel dalam satu posting haruslah sesuai standart SEO, sekurang-kurangnya yaitu mencapai 500 kata per postingan. Semakin lebih tentu semakin baik.
Bagaimana untuk mengetahui berapa jumlah kata dalam satu artikel yang kita tulis, tentu saja kita harus menghitung setiap kata dalam artikel tersebut. Capek dong mas? Iya lah kalau dihitung sendiri secara manual, tapi tenang saja tidak perlu serepot itu. Ada cara lain yang lebih mudah karena dijaman serba canggih ini sudah banyak kok tool online yang bisa kita gunakan untuk menghitung jumlah kata, baik itu tulisan di posting blog maupun kata pada tulisan di apapun. Tool online semacam itu telah banyak disediakan oleh situs website dijagad maya.
Dengan bantuan tool tersebut kita hanya perlu meng-copy tulisan mana yang ingin dihitung jumlah kata nya dan meletakkannya di dalam kotak area pada tool tersebut. Dan nanti otomatis tool tersebut lah yang akan menghitungnya, kita tinggal menunggu hasil yang ditampilkan.
Ya benar, lebih mudah dan tentunya lebih cepat jika dibandingkan kita yang menghitungnya sendiri menggunakan jari.

Beberapa situs website yang menyediakan toll tersebut diantaranya adalah berikut ini:

1. Word Count Tool


2. Char Counter


3. Word Counter


4. Syllable Counter & Word Count



5. Character Count Tool




Selain ke-5 daftar tool diatas masih banyak website yang menyediakan tool sejenis, bisa kamu cari di Google. Semoga tulisan diatas bisa kamu jadikan referensi (^_^)

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

20 komentar untuk "Menghitung Jumlah Kata Pada Posting Blog"

  1. ternyata ada ya tool untuk menghitung kata buat postingan, sayah malahan hitung pakai jari, tiap baris ada berapa kata terus dikalikan berapa banyak garis hehehe.... saya langsung ke TKP ya

    ReplyDelete
  2. terus postingan ini kan kurang dari 500 kata ... hayoooh eheheh

    ReplyDelete
  3. Boleh tambahkan link rujukan/referensi artikel tentang topik "jumlah kata dalam artikel berkaitan dengan SEO", mas. Barangkali bisa membantu yan lain.

    ReplyDelete
  4. wah mantab sob tips nya, thanks ya.
    visit me back ya.

    ReplyDelete
  5. Keren Mas, ini yang dicari-cari para blogger :)

    ReplyDelete
  6. Mangyono@hahaha, wah dihitung juga toh yang diatas :D jujur sob, pas mau posting ini sbnrnya td jg kurang PeDe krna saya jg tau kalau tulisan saya masih jauh dari angka 500 kata seperti yang saya tuliskan. Lha wong mau gimana lagi udh bingung mau nulis apaan lagi. Makhlum baru belajar nulis.

    Btw makasih udh sering mampir kesini

    ReplyDelete
  7. faisal@ Hmm.., maaf mas sayangnya saya lupa deh pernah baca itu dimana. Tp setahu saya banyak kok mereka yang berpendapat demikian. Setidaknya yang saya ingat referensi saya menulis itu bukan cuma dari satu sumber saja :)

    ReplyDelete
  8. Sunarious@ Makasih juga sudah mampir :) visit back "Siap Grakk!!"

    Tips Blog@ Mudah"an bisa bermanfaat mas :)

    ReplyDelete
  9. saya pernah lihat ada yang dipasang di blog mas, kira codenya gimana yah mas, oy mangnya di editor blogspot g ada yah mas jumlh kata yang di ketikkan, kalau di wordpress ada mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas memang ada, saya udh dapat juga kode nya (^_^). Next time saya share diposting

      Delete
    2. d tunggu buat sharingnya mas

      Delete
  10. Saya biasa pake MS Office Word buat Word Countnya :)

    ReplyDelete
  11. makasih atas tisnya gan wahh semoga sukses jgan lupa mamir ke blog saya juga..

    ReplyDelete
  12. wah kebetulan nih saya lagi cari-cari tool seperti ini, makasih mas sangat bermanfaat nih.

    ReplyDelete
  13. wah saya belum pernah nyobain cara ini mas. Kalau buat posting asal-asalan yang mana kurang memperhatikan jumlah karakter tulisan hehehe :D

    Thanks tutorial nya mas. saya izin mencobanya :)

    ReplyDelete
  14. Sama-sama, semoga membantu

    ReplyDelete
  15. ane baru tau gan, jadinya kan gk perlu lg ane ngitung manual, tq gan infonya.
    ditunggu kunbalnya gan, klo sempat, hehe.

    ReplyDelete
  16. Ternyata ada software khususnya ya, biasanya saya pakai ms word.
    Terimakasih dah Share ya :)

    ReplyDelete
  17. wah baru tau ternyata ada yg seperti ini,terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  18. menarik juga nih,pakai tool online,saya coba dulu mas

    ReplyDelete