Bagaimana Mengetahui Posting Blog Sudah Terindeks Google atau Belum

Cara ini biasa saya lakukan setelah beberapa hari selesai menulis artikel dan mempostingnya di blog ini yang tujuannya untuk memastikan saja apakah artikel-artikel yang baru saya posting tersebut sudah di-crawl dan di-indeks oleh Google ataukah belum. Sebelum saya bisa menentukan teknik optimisasi apa yang akan saya lakukan agar Google segera melakukan crawling pada update terbaru yang saya lakukan itu.
Memang robot Google secara otomatis akan mengindeks setiap ada update terbaru suatu blog, namun rentan waktu cepat atau tidaknya proses tersebut bisa kita lakukan langkah optimisasi ringan. Seperti dengan melakukan Ping blog yang bisa meminta Google mencari dan menemukan postingan terbaru dihalaman pencariannya (SERP). Ulasannya sudah saya tulis kemarin dipostingan "Pengertan Ping dan Cara Melakukan Ping Blog". Boleh di-klik untuk membuka dihalaman baru.

Setelah selesai melakukan Ping Blog, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mengetahui/chek apakah artikel-artikel yang baru beberapa hari diposting tersebut sudah berhasil di-indeks oleh Google atau belum. Teknik ini sangatlah mudah, tidak perlu hingga menguras keringat. Seperti apa detailnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka website Google Search, bisa www.google.com atau www.google.co.id
2. Pada kotak pencarian Google, ketik seperti ini "site:URL" (tanpa tanda petik)

Perhatikan:
Teks URL diatas diganti dengan alamat URL postingan yang dimaksud. Sebagai contoh disini yang akan chek adalah postingan saya beberapa hari lalu yang berjudul "Mengganti Tulisan Older Posts, Newer Posts, Home Dengan Gambar Icon" dengan URL link di http://www.berwawasan.com/2013/09/mengganti-tulisan-older-posts-newer.html. Maka yang akan saya tulis di kotak pencarian Google adalah seperti ini:

site:http://www.berwawasan.com/2013/09/mengganti-tulisan-older-posts-newer.html

3. Lalu tekan Enter untuk menampilkan halaman SERP atau hasil pencarian dengan kata kunci tadi.

Contoh postingan yang belum ter-indeks Google akan seperti screenshot ini:


Dan dibawah ini adalah contoh untuk postingan yang sudah ter-indeks di Google:



Cara tersebut juga bisa dilakukan untuk mengetahui blog yang baru dibuat apakah sudah ter-indeks Google atau belum. Caranya pun sama seperti diatas, dengan mengganti URL dengan alamat blog yang dimaksud. Contohnya seperti ini "site:http://berwawasan.com"

Semoga bermanfaat.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

12 komentar untuk "Bagaimana Mengetahui Posting Blog Sudah Terindeks Google atau Belum"

  1. jadi gitu ya cara mengecek nya, thks sob atas infonya, sangat membanu

    ReplyDelete
  2. perlu nih, tapi saya nggak muncul-muncul. Penyebabnya blog saya masuk google sandbox, dan saya tidak tau bagaimana agar bisa keluar :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mas sayangnya saya jg msh awam dgn google sandbox. Tp mas bs coba tips yang diberikan oleh tmn kita melalui URL ini: www.abas-nad.com/2013/04/cara-cepat-keluar-dari-google-sandbox.html

      Smga blog nya bs cpt keluar deh dr sandbox (^_^)

      Delete
  3. betul sekali gan , saya juga mencheck artikel saya menggunakan cara di atas :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah blog saya juga dah terindex sama si mbah gugel mas

    ReplyDelete
  5. info yang menarik gan, trimakasih infonya berguna sekali.

    ane tunggu kunjungan baliknya gan :)

    ReplyDelete
  6. makasih mas atas infonya syukurdeh post di blog saya sudah ke index google hehhe

    ReplyDelete
  7. ow gitu ya,, thanks atas infonya,, jadi lebih tahu i..
    kunjung balik gan http://carablogger123.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. mksiih gan. kunjungi juga di http://www.smaknis75.blogspot.com/

    ReplyDelete