Pengertian Dofollow Dan Nofollow Dalam Dunia Website Blog

Nofollow Vs Dofollow
Dalam dunia Internet khususnya dibidang website/blog kita akan sering dihadapkan dengan istilah Dofollow dan Nofollow yang tidak jarang dari kita masih belum mengerti apa maksud dari ke-dua istilah tersebut. Kedua istilah ini selalu menjadi perhatian tersendiri terutama oleh kawan-kawan yang baru terjun didunia website/blog. Dofollow dan Nofollow pada intinya yaitu dua jenis istilah yang dipakai untuk menyebut website/blog berdasarkan jenisnya. Maksudnya jenis bagaimana kah mas? Sudah lanjutkan dulu membacanya sampai selesai :)

Dofollow adalah istilah untuk menyebut website blog yang jika kita memberikan komentar di website atau blog tersebut  serta menyertakan link, maka akan otomatis link yang kita buat bersama komentar tadi akan dihitung sebagai backlink oleh robot Google. Jadi blog Dofollow akan otomatis selalu mengijinkan Search Engine Bot untuk meenelusuri setiap link yang ada pada komentar.
Sebagai contoh, misalkan www.anu.com adalah sebuah blog Dofollow, lalu kita berkomentar di blog anu tersebut, maka otomatis link yang telah kita sertakan bersama isi komentar atau pada Username tadi akan dihitung sebagai backlink oleh robot Google.

Nofollow adalah istilah untuk menyebut website blog yang jika kita memberikan komentar ke website atau blog tersebut serta menyertakan link, maka link yang kita taruh bersama komentar tadi tidak dihitung sebagai backlink oleh robot Google. Jadi blog Nofollow adalah kebalikan dari blog Dofollow.
Sebagai contoh lagi, www.anu.com adalah sebuah blog Nofollow, lalu kita berkomentar diblog anu tersebut dengan menyertakan link blog kita. Meski seberapapun banyak link yank kita buat bersama komentar tadi tetap tidak akan dihitung sebagai suatu backlink oleh robot Google.

Jadi Dofollow dan Nofollow letak perbedaan sebenarnya hanyalah pada link dikomentar website/blog, bukan ada pada isi postingan atau lainnya.
Sedangkan pengertian dari istilah Backlink sendiri yaitu suatu link aktif yang kita letakkan di website/blog lain dan link tersebut akan mengarah langsung ke website blog milik kita.
Semakin banyak backlink maka akan semakin bagus reputasi suatu website blog dimata si-mbah dkk. Jadi tak perlu heran lagi jika blog Dofollow akan sangat diminati dan akan selalu dicari oleh banyak kaum blogger yang ingin berburu backlink. Mereka akan terus berlomba-lomba untuk mendapatkan backlink sebanyak mungkin agar website blog miliknya tersebut bisa mendapat peringkat bagus dihalaman mesin pencari.

Saya rasa penjelasan singkat diatas tadi sudah cukup untuk menambah wawasan kepada kita semua untuk mengerti istilah Dofollow dan Nofollow dalam dunia website blog.

Episode yang akan datang kita akan melanjutkan pembahasan tentang Dofollow dan Nofollow lebih dalam lagi yaitu tentang "Kelebihan Serta Kekurangan Blog Dofollow dan Nofollow".

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

20 komentar untuk "Pengertian Dofollow Dan Nofollow Dalam Dunia Website Blog"

  1. makasih infonya mas, saaya jadi tahu sekarang yang mana nofollow dan dofollow

    ReplyDelete
  2. Sama-sama. Senang bisa berbagi

    ReplyDelete
  3. makasih atas ilmunya mas.. bermanfaat buat saya.. keep posting!

    ReplyDelete
  4. Kalau blog ini nofollow apa dofollow. nyoba yah http://www.otongdotcom.net

    ReplyDelete
  5. makasih gan infonya, sekarang saya jadi tau...
    kunjungi juga blog saya di http://forum-pasutri.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. saya masih kurang paham mas,
    ke untungan no follow berarti sedikit dari pada dofollow.?
    http://waktunyabisnis.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. saya baru tahu istilah do/nofollow..
    Trimakasih..
    Blogwalking lagi tntang dofollow

    ReplyDelete
  8. minat nih pengen ngerubah blog saya jadi blog dofollow heheheh

    ReplyDelete
  9. Wah jadi pengen ganti ke dofollow nih dari pada nofollow,,,

    ReplyDelete
  10. Setelah saya membaca artikel ini, saya baru tahu tentang blog dofollow dan blog nofollow, terima kasih agan,,,

    ReplyDelete
  11. Wah jadi pengen ganti ke dofollow nih dari pada nofollow,,,

    ReplyDelete
  12. Dengan membaca artikel ini saya malah pengen merubah punya saya ke dofollow dari pada nofollow,,, terima kasih Agan agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan rencananya ane juga mau jadiin blog ane dofollow

      Delete
    2. Kamar Tempat Tidur - Gan, Tuker link yuk,

      http://www.hamdanalam.com

      Delete
  13. Jadi nambah ilmu nih,,makasih info nya.

    ReplyDelete
  14. jadi mending pilih nofollow aja ya

    ReplyDelete
  15. Ilmu yang sangat berguna bagi saya yang pemula dan agak gaptek ini....semoga komen2 saya di blog dofollow akan meningkatkan trafic di web toko online saya....terima kasih gan...

    ReplyDelete
  16. thank you for his info gan

    http://dinihartini22.wordpress.com

    htp://rafaelvildan.wordpress.com

    ReplyDelete
  17. Keren Postingannya gan,


    Visit and Join http://www.hamdanalam.com

    ReplyDelete