Mudah Membuat File PDF di Microsoft Office 2007

PDF (Portable Document Format) adalah salah satu file jenis dokumen yang saat ini banyak digunakan dan semakin popular dikalangan pengguna komputer. PDF pertama kali diperkenalkan oleh Adobe System pada tahun 1993.
File jenis ini banyak digemari karena tampilannya yang bisa dibilang lebih professional juga elegan jika dibanding format file berkas lainnya. Selain itu PDF dipilih karena akan lebih aman dari serangan virus.

Word to PDFFile PDF biasanya dibuat dari hasil convert file aslinya. Dan umumnya file asli tersebut dibuat menggunakan program Microsoft Office seperti MS. Word, Exel barulah kemudian diconvert ke PDF menggunakan program aplikasi pihak ketiga yang juga bisa mudah kita temukan di Internet.
Namun bagi yang tidak mau repot sebenarnya kita bisa saja membuat file PDF ini tanpa perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti kutipan diatas. Caranya yaitu dengan menginstal “Add-in Microsoft Save as PDF or XPS”, sebuah plugin dari perusahaan Microsoft yang disediakan untuk pengguna MS. Office versi 2007. Jadi Add-in ini hanya bisa di Install pada program MS. Office 2007 saja. Yah meskipun sudah keluar versi terbaru yaitu MS. Office 2010 serta 2013 namun saya yakin banyak dari temen-temen yang masih menggunakan versi 2007.

Dengan menginstal Add-in ini, dokumen yang kita buat di MS. Office bisa langsung disimpan dalam format file PDF. Jadi dengan begitu akan terasa lebih cepat dan mudah dibanding jika kita menggunakan aplikasi PDF Converter dari pihak ketiga.

Langkah Mudah membuat File PDF dengan Program Microsoft Office 2007 :

1. Download Add-in Microsoft Office 2007 dihalaman ini : http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=7

Membuat File PDF di Microsoft Office 2007

2. Jika ada rekomendasi download file lainnya dari Microsoft boleh diabaikan, klik button "No thanks and continue"

Membuat File PDF di Microsoft Office 2007

3. Setelah proses download selesai, Install file tersebut. Caranya sama seperti menginstall file aplikasi lainnya. Selesai Install otomatis Add-in tersebut akan terpasang di program Microsoft Office 2007 di komputer kita.

4. Sekarang boleh buka file dokumen yang ingin dijadikan PDF, bisa Office Word, Exel, atau file Microsoft lainya.

5. Klik "Office Button" di menu bar, pilih "Save as" lalu "PDF or XPS"

Membuat File PDF di Microsoft Office 2007

6. Pada window baru yang muncul, beri nama file PDF yang baru dibuat tersebut atau biarkan defaultnya saja => Centang pada "Open file after publishing" untuk langsung membuka file PDF tersebut => Terakhir klik button "Publish"

Membuat File PDF di Microsoft Office 2007


Sekarang sudah bisa kamu nikmati file dokumen yang kamu buat di MS. Office tersebut dalam format PDF. Bagaimana, mudah bukan?

Senang bisa berbagi (^_^)

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

Belum ada komentar untuk "Mudah Membuat File PDF di Microsoft Office 2007"

Post a Comment