Panduan Membuat Fans Page Facebook - Untuk Blogger

Cara Membuat Fans Page Facebook - Fans Page adalah salah satu fitur layanan yang disediakan oleh situs jejaring social Facebook. Fans Page yang artinya Halaman Penggemar ini memungkinkan bagi pengguna Facebook untuk bisa memberikan like-nya kepada suatu produk/jasa, organisasi/komunitas, tempat, hoby, atau lainnya sesuai dengan minat masing-masing. Bagaimana cara kerjanya? Simple saja, misal saja kita memberikan like kepada halaman "ANU", maka otomatis setiap kali ada update informasi dari halaman ANU itu secara otomatis akan muncul diberanda Facebook kita. Jadi dengan begitu kita tidak perlu khawatir akan ketinggalan informasi terbaru yang di umumkan oleh ANU tadi. Pada contoh tersebut, ANU hanyalah sebagai salah satu contoh dari ribuan Fans Page yang ada di Facebook.
Menurut sumber yang saya baca, pengguna facebook saat ini sudah mencapai 1 M lebih orang diseluruh dunia. Untuk di Indonesia sendiri penggunanya sudah mencapai 47 juta lebih. We-O-We!! Banyak beud yah. Karena itulah banyak orang menganggap bahwa Facebook adalah sarana yang paling tepat untuk mempromosikan produk/jasa yang ingin ditawarkan.

Lalu apa hubungannya Fans Page dengan blogger? Ya tentu saja ada,  dengan membuat Fans Page untuk website/blog yang kita miliki ini akan membantu kita untuk mempekenalkan website/blog kepada khalayak luas. Bayangkan saja jika Fans Page untuk blog yang kita buat penggemarnya bisa mencapai ribuan atau puluhan ribu pengguna Facebook, tentu dari situ akan bisa mendatangkan trafik besar ke blog/website kita. Seperti itulah kurang lebih manfaat yang bisa didapat dari Fans Page.

Para blogger senior juga hampir semuanya memiliki Fans Page untuk blog mereka masing-masing. Untuk itu sebagai blogger pemula yang baik kita jangan mau ketinggalan dengan para senior jika ingin blog kita juga bisa dikenal banyak orang. Dibawah ini telah saya siapkan totorial mudah bagaimana memulai membuat Fans Page untuk blog yang kita miliki.

Sebelumnya pastikan dulu bahwa mas-bro dan mbak-bro sudah memiliki akun Facebook yaa? (^_^)

1. Pertama silahkan Sign in ke Facebook dengan akun yang kamu miliki. Jika memiliki lebih dari satu akun Facebook, lebih baik gunakan akun mastermu saja.

2. Setelah berhasil Sign in, buka halaman http://www.facebook.com/pages/create.php

3. Nah dihalaman tersebut pilihlah jenis halaman yang ingin dibuat. Misalnya untuk halaman website/blog pilih saja "Merk atau Produk"

Cara membuat Fans Page Facebook
 
4. Selanjutnya yaitu memilih kategori untuk halaman, sebagai contoh disini saya pilih "Situs Web". Pilih nama Fans Page untuk mewakili blog/website kamu serta jangan lupa centang pada "Saya setuju dengan Ketentuan Halaman Facebook". Jika sudah tinggal diklik button "Mulai".

Cara membuat Fans Page Facebook




5. Langkah membuat Fans page baru sudah selesai. Pada halaman baru yang ditampilkan kita tinggal mengisi data-data yang diminta oleh Facebook. Seperti menceritakan tentang profil umum blog/website, meng-upload foto profil,menambahkan URL website, dan seterusnya.

Jika semua sudah dilengkapi tinggal klik saja "Simpan"


6. Kemudian kita akan dibawa ke dashbor Fans page yang baru saja tadi kita buat. Disitu kita bisa melakukan setting lebih lanjut pada Fans page. Seperti misalnya mengisi alamat Email, membuat alamat URL Fans page, menuliskan topik Fans page, mengundang banyak teman dan lain sebagainya.

Tarrraaa ... !! Fans page baru sudah jadi (^_^) , selanjutnya adalah tinggal mencari Likers saja. Ada banyak cara kok untuk mendapatkan like fans page. Silahkan kamu cari di Google.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

1 Komentar untuk "Panduan Membuat Fans Page Facebook - Untuk Blogger"

  1. Keren banget tutorial tentang cara menambah Fanspage ini, sueeeerrrr ane paling nggak bisa kalau main yang beginian,dengan keterangan yang inspiring dari ente moga-moga bisa menambah fanspage dengan cepat.He,,he,,he,, Ngarep banget ini.... Wkk..wk..wk..

    ReplyDelete