4 Kalimat Persetan! Yang Harus Diucapkan Oleh Blogger Pemula


Pada kesempatan hari ini, saya ingin berbagi tips terutama buat  kawan-kawan sesama blogger pemula. Tips ini bukanlah tips tentang ilmu SEO, tips untuk menaikkan PR, atau tips menghasilkan uang lewat blog. Hanya tips dasar saja yaitu tentang hal-hal yang harus dihindari oleh seorang blogger pemula.
Artikel ini bersumber dari seorang sahabat blogger, ialah Kang "Subagya". Salah satu seorang sahabat blogger kita. Karena saya anggap tips dari beliau ini menarik dan akan bisa menginspirasi kita semuanya, lalu saya tertarik untuk mereview-nya diblog ini, dengan harapan agar semakin banyak temen-temen blogger pemula membaca tips yang diberikan oleh beliau tersebut.

Seperti kita tau, banyak tips-tips yang diberikan oleh blogger senior diluaran sana, namun sebagai seorang pemula kita wajib mewaspadai karena terkadang ada juga tips trik yang sifatnya menjebak. Menjebak bagaimana mas? Menjebak dalam artian bukan untuk agar bertambah maju melainkan  agar semakin mundur, atau kalau bisa dibikin mati sekalian oleh ketatnya persaingan di dunia perbloggeran ini. Ingat kawan, didunia perbloggeran masih banyak orang yang menghalalkan banyak cara agar blog atau websitenya tetap bisa menduduki peringkat satu dihalaman mesin pencari.
Dan yang akan saya share disini tentu bukanlah tips yang akan menjebak. Justru akan bisa menginspirasi kita semua. Terutama buat mas bro dan juga mbak bro yang masih baru didunia blogging.

Jadi awal cerita seperti ini, kemarin malam saya sedang berkunjung ke blog-nya kang Subagya, salah satu senior di didunia perbloggeran khusunya di Indonesia Raya ini. Alamat URL-nya di http://subagya.blogspot.com. Boleh diklik untuk membuka ditab baru.
Disini beliau saya katakan senior karena yang saya tau usia blog-nya kang Subagya tersebut sudah mencapai lebih kurang 5 (lima) tahun. Di Blog Archive nya saya baca artikel pertamanya launching pada Juni 2008..
Singkat cerita di blog tersebut saya menemukan satu judul artikel menarik yaitu "Blog saya sepi pengunjung?". Tanpa berpikir panjang langsung saya klik judul tersebut untuk membaca isinya, karena memang kebetulan saat itu atau boleh dibilang juga saat ini memang blog berwawasan.com yang saya kelola ini masih sepi-sepi heppy. Makhlum lah umur blog belum genap satu bulan.

Empat tips mendasar dari kang Subagya khusus untuk blogger pemula adalah sebagai berikut :

1. Persetan dengan SEO
Bagi pemula, masalah SEO (search engine optimatization) merupakan masalah yang menakutkan, karena mereka meyakini bahwa SEO satu-satunya jawaban untuk bisa meningkatkan pengunjung dari search engine. Hey !! wake up man! Anda ini pemula, persetan dengan SEO di awal! Jika anda mementingkan SEO di awal maka anda harus mengeluarkan waktu untuk mencari keyword yang tepat, anchor text, dan SEO stuff lainnya. Perlu diingat SEO bukanlah segala-segalanya, SEO hanya rumusan algoritma mesin pencari yang pada dasarnya anda tidak tahu rumus apa yang tepat! Anda menulis bukan untuk bot! Anda menulis di blog anda untuk pengunjung! persetan dengan SEO! Buatlah konten sesuka anda, tulislah konten blog dengan nurani anda tanpa ada batasan-batasan dengan pakem SEO

2. Persetan dengan backlink
Ingat! Anda masih pemula dalam dunia blogging, tidak perlu anda pusing-pusing ria dengan urusan backlink. Kesana kemari hanya bilang titip link, komentar tidak sesuai dengan konten, tinggalkan jejak dengan cara nyepam! Paling bagus adalah buatlah komunitas sesama blogger, komentar sesuai dengan aturan, perbanyak konten di blog. Konten is the King!! Ingat jika konten anda unik, bagus, inovatif & bermanfaat pasti banyak pengunjung akan ke blog anda yang akan menautkan link ke situs anda.

3. Persetan dengan design
Banyak pemula yang merasa tidak cocok dengan theme blog lalu ganti dengan theme lain begitu seterusnya. Hey, anda bukan ikut fashion show!! Persetan dengan design blog, tidak usah anda pusing dengan memilih design blog yang sesuai dan ideal buat blog anda. Pilih satu theme blog atau design yang tidak bikin sakit mata pengunjung untuk membaca konten blog anda dan prinsipkan VISITORS is the King, buat manja mereka dengan konten-konten yang bermanfaat di blog anda.

4. Persetan dengan iklan
Ingat! Sebagai pemula, jangan banyak pasang iklan bertebaran di setiap sudut blog anda, dengan harapan akan dapat income dari iklan tersebut. Hey, anda pemula! Manjakan dulu pengunjung anda dengan blog yang bersih dengan iklan, dan perbanyak informasi yang bermanfaat dari konten blog anda. Ingat! Ada saatnya anda memasang iklan-iklan tersebut jika blog anda sudah ramai pengunjung!

Dengan kalimat penutup "Happy Blogging :)"

Setelah membaca tips diatas kita dapat mengambil  point-point pokok apa saja yang harus kita hindari sebagai seorang pemula. Tujuannya ialah agar blog kita bisa ramai pengunjung seiring berjalannya waktu. Dan satu lagi kita bisa lebih fokuskan pikiran untuk menulis artikel tanpa perlu memikirkan hal-hal seperti disebutkan diatas tadi.

Itu saja yang dapat saya bagikan kepada pembaca yang budiman. Jika ada yang kurang pas mohon dimaafkan. Tidak lupa terimakasih saya buat kang "Subagya" yang sudah memberikan tips-tipsnya. Sukses selalu buat Anda.

Referensi untuk artikel ini : http://subagya.blogspot.com/2013/01/blog-saya-sepi-pengunjung.html

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

8 komentar untuk "4 Kalimat Persetan! Yang Harus Diucapkan Oleh Blogger Pemula"

  1. persetan begadang mulu heheheh

    ReplyDelete
  2. Hahaha, kalau yang itu may be yes may be no mas :D tergantung masing2. Karena toh banyak orang yang lupa mana siang mana malam hanya karena yang namanya "Ngeblog"

    ReplyDelete
  3. Persetan dengan Setan gan..

    wkkwkwkwk...

    Semngat trus gan,

    ditunggu kunjungannya kembali..

    ReplyDelete
  4. tambahan ni gan dari saya nomor 6;

    Persetan dengan sakit punggung -> sakit kepala -> sakit mata -> perut lapar- >bangung kesiangan -> telat ngantar pacar gara-gara nongkrong seharian didepan kompi berjam2 buat ngeblog ampe lupa segalanya. hahahaha hello anda pemula, ngebloglah dengan sewajar-wajarnya, jaga kesehatan, jangan lupa antar pacar kesekolah/kampus

    wkwkwkwkwk

    hahaha great info gan , mantap euy, salam blogger dan maju terus. kalo ada waktu jalan2 ke gubuk saya yah gan. thank you :D

    ReplyDelete
  5. aku blogger pemula : ini yang namanya blog walking ya
    ini blog saya http://www.kuliahpadat.co.vu/

    ReplyDelete
  6. hahaaha,, ane dulu juga seperti itu gan :D

    ReplyDelete
  7. Persetan dengan kerjaan yang lagi numpuk.. yang penting blogging jalan brooww... hehe...

    ReplyDelete
  8. Nice post..memang benar..tanpa kita sadari..kita tersugesti untuk mengejar visitor lewat SEO smntara blog kita tak d urus lagi...hahahaha salam kenal sob..tuker link yuk

    ReplyDelete