Panduan Mendaftarkan Blog Di Alexa

Beberapa hari lalu ditulisan saya yang berjudul "Mengenal Alexa Rank" telah kita ulas tentang apa itu ALexa, fungsi Alexa, serta peran Alexa di dunia website/blog. Dan posting ini masih merupakan kelanjutan dari tulisan tersebut, yaitu panduan tentang bagaimana cara mendaftarkan blog di ALexa. Artikel ini saya persembahkan buat temen-temen sesama blogger pemula yang kebetulan belum mendaftarkan blog-nya di Alexa. Untuk sahabat yang blog-nya sudah terdaftar di Alexa boleh mengabaikan tulisan ini, silahkan baca tulisan menarik lainnya diblog ini. (^_^)


Kenapa kita harus mendaftarkan blog di Alexa?
Untuk seorang blogger, mendaftarkan blog-nya di Alexa sangatlah penting sekali. Seperti yang telah saya singgung diposting lalu bahwa Alexa merupakan salah satu parameter utama untuk mengetahui peringkat website/blog dimata dunia. Dengan mendaftarkan blog di Alexa nantinya akan bisa berpengaruh pada besar kecilnya peringkat blog tersebut. Meskipun sebenarnya Alexa juga akan memberikan peringkat bagi website/blog yang tidak didaftar namun hanya peringkat kecil serta jarang mendapat update ranking.
Dan satu lagi alasan kenapa perlu mendaftarkan blog di Alexa, karena dengan blog yang sudah didaftarkan di Alexa barulah nanti seorang blogger bisa memasang widget juga toolbar Alexa, yang ke-duanya dipercaya mampu merampingkan angka Alexa Rank dengan cepat. Benar atau tidaknya saya sendiri juga belum membuktikan.

Untuk mendaftarkan blog di Alexa silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka website www.alexa.com
2. Kemudian perhatikan tulisan "Create an Account" yang ada di navigasi atas. Atau jika ingin instan kamu bisa langsung klik disini untuk menuju halaman registrasi Alexa.

3. Isi kolom registrasi dengan alamat Email valid juga Nickname, lalu klik button "Register"
4. Setelah itu akan tampil halaman baru yang maksud kalimatnya adalah untuk melengkapi pendaftaran kita diminta untuk membuka Email yang kita gunakan untuk mendaftar tadi kemudian klik link konfirmasi yang dikirimkan Alexa.

5. Silahkan buka Email kamu dan klik link konfirmasi yang diberikan Alexa team tersebut. Contoh link konfirmasi seperti screenshot dibawah ini:


6. Link konfirmasi tersebut akan membawa ke halaman "Set password" yaitu membuat password baru untuk digunakan Login di website Alexa. Tulis password baru pada kolom "Set Password" dan ulangi lagi pada kolom "Verify Password". Jika sudah klik button "Submit Password"

7. Jika sukses akan tampil halaman seperti ini :

8. Tahap selanjutnya yaitu mendaftarkan URL blog baru. Di halaman Dashbor Alexa perhatikan kalimat "Do you have a website?" klik pada button "Add it now".


9. Akan ditampilkan pilihan "Alexa Plans and Pricing", pilih saja Free Sign Up


 10. Masukkan URL blog pada kolom "Website URL" kemudian klik button "Continue"


11. Dihalaman berikutnya, Copy kode verifikasi yang diberikan Alexa. Contoh kodenya seperti ini :

12. Sudah Copy kode verifikasi selanjutnya pergi ke Blogspot dan masuk ke HTML template

13. Paste kode verifikasi tadi dibawah kode <head>, jika sudah silahkan "Simpan template" terlebih dulu

14. Kembali ke halaman verifikasi Alexa, klik button No. 2 yaitu "Verify my ID"


15. Tunggu hingga halaman selesai refresh, akan ada notifikasi seperti ini : "Your site is successfully claimed"

Artinya bahwa status blog telah berhasil kita klaim sebagai pemiliknya.
Setelah blog terdaftar di Alexa langkah kedepannya justru akan lebih berat lagi. Karena kita harus berusaha semaksimal mungkin dengan cara-cara tertentu jika ingin blog bisa memiliki Alexa Rank yang baik. Ada banyak cara serta tips yang bisa kita terapkan dari para senior yang juga nanti kedepannya akan saya tuliskan diblog ini sebagai salah satu bahan referensi untuk usaha kita merampingkan peringkat Alexa.
Artikel selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara memasang widget Alexa Rank di blog. Yang juga itu dipercaya memiliki pengaruh besar untuk merampingkan angka Alexa Rank dengan cepat. Silahkan ditunggu update selanjutnya.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

2 komentar untuk "Panduan Mendaftarkan Blog Di Alexa"