Mengenal Alexa Rank

Agan-agan sudah kenal sama yang namanya Alexa?
Oh penyanyi cantik asuhan RCM milik Ahmad Dhani itu ya mas? Bukan itu yang saya maksud :). Kalau didunia nyata mungkin Alexa Key penyanyi cantik itu memang lebih dikenal oleh publik, tapi berbeda jika dijagad maya khususnya dibidang website/blog yang akan lebih mengidolakan si-Alexa Rank jika dibanding si-Alexa Key.
Lalu siapakah Alexa yang selama ini dikenal publik dijagad maya khususnya untuk bidang website/blog? Pertanyaan yang tepat mungkin bukan "Siapa" melainkan "Apa", karena Alexa yang satu ini bukanlah nama cewek cantik nan seksi yang seperti agan-agan pikirkan itu  (^_^). Definisi Alexa yang dimaksud kurang lebih seperti dibawah ini.
Alexa

Alexa adalah sebuah tool yang dikhususkan untuk mencari, mengumpulkan dan menyajikan informasi data berupa peringkat website/blog dari seluruh penjuru dunia. Website Alexa bisa kita kunjungi di www.alexa.com. Perhitungan Alexa Rank sendiri ditentukan berdasarkan dari data kualitas situs serta banyaknya trafik kunjungan suatu website/blog  yang kemudian data-data tersebut diolah/dihitung untuk diketahui peringkat suatu website/blog itu.  Semakin banyak jumlah pengunjung suatu website/blog itu maka peringkat Alexa atau biasa disebut Alexa Rank akan bagus juga (analisa pemula).
Alexa memberikan dua jenis data ranking website/blog yaitu untuk peringkat diseluruh dunia dan peringkat disatu Negara. Sebagai contohnya, saat ini website Google.com menduduki peringkat No. 1 mengalahkan jutaan website di seluruh dunia. Disusul No. 2 yaitu situs jejaring sosial Facebook. Untuk di Indonesia sendiri  justru situs Facebook lah yang menduduki peringkat 1 baru disusul Google di urutan ke-2. Dan peringkat tersebut bisa saja tidak sama ditiap Negara berbeda. Dan menurut beberapa sumber, Alexa Rank akan selalu meng-update data ranking  suatu blog/website dalam jangka waktu 3 Bulan secara kontinyu. Untuk itu sebuah website/blog memiliki peringkat Alexa naik turun itu bisa terjadi.

Alexa Rank saat ini telah menjadi salah satu parameter utama untuk mengetahui ketenaran sebuah website/blog dimata dunia dan juga disuatu Negara tertentu. Sekarang kamu bisa mencobanya sendiri dengan mengunjungi website www.alexa.com  untuk mengetahui peringkat berapakah kira-kira blog milikmu. Sebagai contohnya sudah saya buatkan screenshot-nya dari halaman Alexa.com seperti dibawah ini :


Tulis alamat website/blog pada kotak yang telah disediakan seperti contoh gambar diatas lalu tekan Enter. Setelah itu Alexa akan menampilkan berapa peringkat website/blog kamu di Dunia dan di Indonesia.
Oh iya, banyak juga akan kita lihat suatu blog yang mempunyai Alexa Rank "No data". Hal yang demikian itu biasanya terjadi karena blog tersebut belum terdaftar, atau sudah terdaftar di Alexa namun pemilik belum melakukan "Vertifikasi". Untuk itu segera lakukan "Verifikasi" setelah kamu mendaftarkan blog di website Alexa.com.

Saya rasa tulisan diatas sudah cukup bagi kita terutama blogger pemula untuk mengenal apa itu Alexa Rank. Posting selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara mendaftarkan blog di Alexa dan cara verifikasi pada blog.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

3 komentar untuk "Mengenal Alexa Rank"

  1. Nice info..Salam kenal dari saya sob. terima kasih sudah mampir ke tempat saya.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga sob :) Mksh juga atas kunjungan baliknya

    ReplyDelete