Memahami SEO, Penting kah?

What Is SEO
Apa yang dimaksud dengan SEO?, Apa pengertian SEO?, Apa itu SEO? atau kalimat sejenis lainnya seperti itulah yang umum ditanyakan oleh kita blogger pemula. Seperti jika kita sedang berkunjung di website blog lain secara sengaja maupun tidak disengaja kita akan sering dihadapkan dengan kata “SEO” ini. Bagi kebanyakan pemula, pasti belum mengerti apa maksud dari istilah tersebut. Karena sebelumnya memang belum pernah ditemuinya dikehidupan offline sehari-hari.

Diposting ini saya ingin mencoba memberikan sedikit pemahaman tentang apa itu SEO kepada sahabat pembaca sesama pemula. Sebelumnya saya juga banyak membaca artikel tentang SEO dari berbagai referensi yang ditulis oleh para senior diblog lain. Dengan memahami maksud istilahnya terlebih dulu diharapkan agar nanti kedepannya kita bisa mengerti dan memahami maksud penyampaian tulisan yang berhubungan dengan SEO. Serta mampu menerapkannya sendiri diblog masing-masing tentang ilmu SEO yang telah diajarkan tersebut.

Apakah penting seorang blogger memahami SEO?
Pada dasarnya SEO bertujuan agar website blog bisa nangkring dihalaman satu hasil mesin telusur seperti Google, Yahoo, dkk. Jadi menurut saya jawabannya bisa berbeda, tergantung masing-masing tujuan seseorang membuat website blog. Bisa tidak penting, bisa penting, dan bisa penting sekali.

Tidak penting mungkin berlaku bagi mereka yang membuat website blog hanya untuk manfaat pribadinya sendiri, seperti misalnya membuat blog sekedar untuk menulis diary online saja. Biasanya mereka tidak terlalu peduli ada atau tidaknya orang yang akan berkunjung ke blog-nya itu.
Penting bagi mereka yang membuat website blog untuk tujuan agar tulisannya bisa dibaca oleh banyak orang dalam artian bisa memiliki trafik kunjungan yang bagus setiap harinya. Agar kemudian bisa dimanfaatkan untuk tujuan lainnya, misalnya saja untuk menambah penghasilan diluar pekerjaan utamanya dengan menyewakan space iklan dihalaman blog-nya.
Penting sekali bagi mereka yang membuat website blog untuk tujuan utama mencari income atau untuk tujuan berbisnis. Contoh website Toko online. Jika ingin website-nya ramai didatangi calon pembeli, memahami SEO adalah hal wajib. Karena sudah bisa dipastikan akan ada website sejenis lain yang akan menjadi saingan beratnya.

Nah, sekarang kamu sudah bisa menjawab sendiri, pentingkah memahami SEO bagi kamu? Tidak penting, Penting, atau penting sekali? Jika menurut kamu tidak penting, boleh meninggalkan halaman ini jika ingin membaca tulisan menarik lainnya diblog ini. Namun jika menurut kamu itu penting atau bahkan penting sekali, maka silahkan lanjutkan membaca tulisan ini sampai tuntas  (^_^)

Jadi, apa pengertian SEO?
SEO merupakan singkatan dari tiga kata yaitu “Search Engine Optimization”, jika orang Indonesia Raya bilang maka akan menjadi “Optimisasi Mesin Pencari”. Adalah serangkaian proses kegiatan yang dilakukan seseorang untuk tujuan mengoptimalkan halaman website blog-nya agar bisa menduduki halaman 1 dihasil mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.
Kenapa harus dihalaman 1 mesin pencari? Tentu saja agar bisa mendatangkan pengunjung dari situ. Logikanya seseorang yang mencari informasi melalui Mesin Pencari dengan kata kunci tertentu, sekitar 95% kemungkinan yang dikunjunginya adalah website blog yang tampil dihalaman 1 hasil mesin pencari tersebut, sisanya untuk halaman nomor 2 dan seterusnya. Jadi semakin banyak tulisan yang kita posting diblog bisa tampil dihalaman 1 mesin pencari, sudah bisa dipastikan blog-pun akan kebanjiran pengunjung. Karena itulah dibutuhkan SEO.

Bagaimana cara melakukan SEO?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk SEO website blog-nya. Cara SEO tersebut lebih umum disebut dengan tekhnik SEO. Jika ingin belajar tentang tekhnik SEO, maka bersiaplah untuk meluangkan waktu, tenaga dan pikiran. Karena belajar tekhnik SEO itu tidaklah semudah seperti kita membalikkan kedua telapak tangan, memerlukan waktu yang cukup panjang serta dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun sebelum belajar lebih banyak tentang tekhnik ilmu SEO, sebaiknya kita mengetahui terlebih dulu apa saja jenis SEO yang biasa dikenal.

SEO berdasarkan proses cara kerjanya dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

1. SEO On Page
Seperti namanya, tekhnik SEO ini dilakukan hanya didalam halaman website blog itu sendiri tanpa ada campur tangan dari luar situs website blog tersebut. Jenis SEO seperti ini yang terpenting adalah mengoptimalkan seluruh elemen dan konten yang ada didalam website blog. Sebagai contohnya, memilih nama domain yang tepat, menulis judul posting dengan keyword tertarget, memasang meta tag didalam HTML template, memperbaiki struktur template agar SEO friendly, membuat konten unik serta uptodate, dan lain sebagainya.

2. SEO Off Page
SEO Off Page merupakan kebalikan dari tekhnik SEO On Page, yaitu tekhnik SEO yang dilakukan dengan cara optimasi diluar website blog. Jenis SEO seperti ini lebih dominan dengan cara mencari backlink atau melakukan link building. Sebagai contoh tekhnik SEO Off Page yaitu dengan berkomentar di blog dofollow, mendaftarkan blog di web directory, bertukar link dengan blogger lain, submit artikel ke website bookmarking, dan lain sebagainya.

Kedua jenis SEO tersebut adalah sama pentingnya, jadi akan kurang maksimal hasilnya jika kita hanya menerapkan tekhnik salah satunya saja. Berbagai tulisan tentang tekhnik SEO bisa mudah kita temukan dibanyak blog sebelah melalui Google. Yang tidak mudah adalah proses menjalani semuanya itu. Seperti yang sudah saya kutip diatas, belajar tekhnik SEO itu memerlukan proses panjang, serta dibutuhkan ketekunan dan kesabaran tingkat tinggi jika kita ingin mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal.

Sementara hanya sampai disini saja wawasan yang bisa saya bagikan tentang SEO, kedepannya nanti saya ingin mengajak kalian untuk bersama-sama belajar tentang SEO lebih dalam lagi melalui tulisan diblog ini. Yang kesemuanya itu nanti akan bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan blog kita masing-masing.
Jika ada kekurangan atau kekeliruan tentang penjelasan SEO yang saya tulis diatas, mohon untuk dibenahi melalui kotak komentar dibawah. Terimakasih sebelumnya (^_^)

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

9 komentar untuk "Memahami SEO, Penting kah?"

  1. Praktek SEO memang tidak mudah sob, tapi ada baiknya memang kita harus mengerti maksud dan tujuanya, terimakasih sudah share...

    ReplyDelete
  2. seo off page menurutku adalah promo blog secara offline, misalnya beriklan di koran, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau setahu saya beriklan di koran atau media offlinelainnya itu udh bukan termasuk kategori SEO sob. Melainkan lebih ke promosi blog. Promosi blog bs online juga bs offline. Mksh kunjungannnya :)

      Delete
  3. Kalau saya seperlunya saja mas dan tidak terlalu dalam karena kalau dipelajari sedikit demi sedikit bisa jadi dalam ini ilmu seonya.

    ReplyDelete
  4. terima kasih mastah atas ilmunya, seo emang penting banget. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh mas, saya juga masih pemula kok. Msh terlalu jauh utk dipanggil sprti itu. Mksh kunjungannya

      Delete
  5. seo itu emang penting gan tapi isi artikel/content itu yang lebih penting :)

    ReplyDelete