Memasang Widget Fans Page Facebook Di Blog

Posting sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara membuat Fans Page Facebook untuk halaman website/blog. Yaitu sebagai salah satu misi untuk bisa menjaring lebih banyak orang yang mengenal lalu mengunjungi blog kita. Buat mas-bro dan mbak-bro yang belum sempet mengikuti tutorialnya, silahkan klik link judul diatas untuk membuka dihalaman baru.
Seperti kita tau bahwa pihak Facebook menyediakan beberapa widget untuk dipasang dihalaman website/blog lain. Salah satu dari beberapa widget itu ialah "Like Box" yang akan menjadi tema diposting ini. Contoh widget Like Box penampakannya bisa kalian lihat seperti screenshot dibawah. Dengan memasang widget ini pada halaman website/blog tentu akan bisa membantu untuk mendapatkan lebih banyak penggemar baru terutama dari para tamu pengunjung yang budiman.


Memang sih seseorang bisa saja mendapatkan banyak penggemar atau kita sebut mereka "Likers" hanya dengan muter-muter saja di website Facebook atau sosial media lainnya tanpa harus memasang widget ini di halaman blog/website miliknya.
Namun cara tersebut dirasa akan kurang maksimal untuk menjaring lebih banyak lagi penggemar. Apalagi bagi blogger yang tidak suka eksis di situs jejaring sosial terbesar itu, seperti saya contohnya. Pasti akan sulit sekali mendapat banyak Likers dari penduduk Facebook. Nah, dengan hadirnya widget Fans Page pada halaman blog sendiri diharapkan akan bisa membantu kita agar bisa mendapat banyak Likers. Amiiin Ya Allah .., (^_^)

Untuk seorang sahabat yang kebetulan memang masih baru didunia blogging saya yakin akan banyak yang belum tau cara mendapatkan widget satu ini. Karena sayapun awalnya juga seperti itu. Untuk itulah tulisan ini hadir dihadapan kalian semuanya supaya bisa membantu sahabat-sahabat kita itu :).

Disini saya bukan menyediakan script widget siap pakai yang tinggal copy, paste, edit lalu simpan diblog seperti yang banyak dishare di banyak blog lain. Melainkan berupa panduan mudah mendapatkan kode widget Fans Page itu dari website Facebook sendiri serta cara memasangnya di blog.
Akan lebih baik jika kita mendapatkan sesuatu dari hasil tangan sendiri tanpa harus selalu mengandalakan tangan orang lain. Super sekali.
Toh caranya juga sangat mudah kok.

Langkah-langkah cara memasang widget Fans Page di blog sudah saya siapkan dibawah ini.

1. Log In di Facebook menggunakan ID yang kamu pakai saat membuat Fans Page
2. Setelah berhasil Log In, kunjungi halaman ini http://developers.facebook.com/docs/plugins

3. Dihalaman tersebut akan banyak penampakan widget yang bisa kita pilih sesuka hati. Beberapa diantaranya yaitu Like box, Like Button, Send Button, Follow Button, Comment dan lain sebagainya yang masing-masing widget memiliki fungsinya sendiri.
Namun diposting ini yang kita bahas bukan kesemuanya itu, melainkan hanya widget Like Box saja seperti yang sudah saya singgung diparagrap atas. Untuk itu klik pada "Like Box"


4. Sampai pada halaman selanjutnya adalah menu untuk konfigurasi tampilan widget


Konfigurasi :
  • Facebook Page URL: isi dengan URL Fans Page milik kamu. Sebagai contoh disitu saya tuliskan https://www.facebook.com/BerwawasanDotCom
  • Width: ukuran lebar widget dalam satuan pixel. Misal ingin dipasang di sidebar blog, maka sesuaikan ukuran widget dengan lebar sidebar. Contoh disitu saya isi 310
  • Height: ukuran tinggi widget. Silahkan sesuaikan, atau biarkan kosong untuk menampilkan tinggi default widget
  • Color Scheme: ada dua pilihan warna, Light dan Dark
  • Show Header: centang jika ingin menampilkan Header widget
  • Show Faces: centang jika ingin menampilkan penampakan wajah-wajah dari para Likers
  • Show Stream: centang jika ingin menampilkan kiriman terbaru dari halaman Fans Page
  • Show Border: centang jika ingin menampilkan border atau garis tepi widget
Live penampakannya bisa kamu lihat dibawah menu konfigurasi seperti diatas.

5. Jika tampilan widget sudah pas dihati selanjutnya klik button   Get Code 

6. Maka akan ditampilkan kode untuk widget itu. Terdapat empat jenis kode yaitu HTML5, XFBML, IFRAME dan URL. Pilih yang "IFRAME" dengan menyalin kodenya.

Setelah mendapatkan kodenya langkah apa selanjutnya yang harus dilakukan, saya rasa mas-bro dan mbak-bro sudah paham sendiri :).
Atau jika memang ada dari temen-temen yang belum paham silahkan bertanya melalui kotak komentar. Nanti akan saya pandu kelanjutannya :) Semoga tulisan diatas sudah cukup bisa membantu.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

Belum ada komentar untuk "Memasang Widget Fans Page Facebook Di Blog"

Post a Comment