Mendaftarkan Blog di Sitemeter

Site Meter adalah sebuah tool yang diprogram khusus untuk menampung data trafik pengunjung suatu blog atau website yang telah didaftarkan sebelumnya. Data yang dimaksud mencakup informasi lengkap data pengunjung berdasarkan waktu, lama kunjungan, URL yang dikunjungi, lokasi pengunjung, browser yang digunakan, serta masih banyak lainnya.
Seseorang untuk bisa mendapatkan data untuk blog/website-nya seperti disebutkan diatas haruslah mendaftarkan blog/website miliknya itu ke website Site Meter terlebih dulu.
Mahal gak mas daftarnya? Bisa mahal bisa gratis. Mahal buat yang punya uang tapi cuma sedikit, gratis buat kita yang punya uang tapi cuma buat anggaran beli rokok pulsa :D.
Site Meter memang menyediakan dua pilihan layanan bagi member-nya, yaitu Sitemeter Basic (Free) alias gratisan dan Site Meter Premium alias berbayar. Tentu Site Meter Premium fitur layanannya akan lebih lengkap jika dibanding yang Basic. Namun untuk blogger alakadarnya seperti kita, Site Meter Basic dirasa sudah lebih dari cukup :).

Untuk mendaftarkan blog ke Site Meter silahkan simak panduannya dibawah ini :

1. Kunjungi websitenya di http://www.sitemeter.com
2. Ada dua jenis pilihan "Sig Up!", untuk yang Basic ada dikotak yang kiri. Klik pada button Sign Up! tersebut.


3. Pada halaman baru pilih yang Site Meter Basic Free, klik lagi pada button "Sign Up!"


4. Selanjutnya akan dibawa kehalaman form registrasi, silahkan isi data-data yang diajukan itu.
  • Your Site's URL : diisi dengan alamat URL blog/website yang ingin didaftarkan
  • Your Site's Name : diisi dengan nama blog/website yang ingin didaftarkan
  • Codename : diisi dengan nama blog atau apapun, gunanya nanti sebagai ID untuk Login
  • Your Current Time : pilih waktu yang sesuai dengan lokasi tinggal
  • Beri tanda centang pada "By checking this box I agree to be bound by Sitemeter's Terms of Service Agreement"
Jika semua sudah diisi lalu klik button "Next >>"

5. Pada halaman selanjutnya kita diminta untuk mengisi form data berupa alamat Email, Title/Profesi, Kode POS, Negara, Jenis Kelamin. Silahkan kamu isi sesuai dengan data asli tersebut.

Jika sudah klik lagi button "Next >>"

6. Akan ditampilkan data yang kita isikan pada form registrasi tadi. Klik "Next >>"
7. Jika berhasil maka halaman yang muncul adalah seperti gambar screenshot dibawah ini.


8. Site Meter telah mengirimi kamu email berupa Codename dan Password untuk Login di websitenya. Silahkan masuk ke Akun Email yang kamu gunakan untuk mendaftar tadi, periksa pada Inbox Email apakah ada email dari Site Meter. Jika di Inbox tidak ada coba cari di Email Spam. Atau jika di email spam ternyata kok tidak ada juga, bersabarlah sebentar wahai mas bro dan mbak bro. Mungkin si-Email masih minum kopi sebentar sebelum dia berangkat mengantarkan Email mu (^_^).

Oke sudah selesai. Sekarang blog-pun sudah terdaftar di Site Meter dan akan selalu dimonitoring oleh-nya. Jadi kita bisa selalu memantau perkembangan trafik pengunjung blog kita setiap harinya.
Episode selanjutnya kita masih akan mengulas topik tentang Site Meter. Yaitu tutorial bagaimana cara memasang widget Site Meter di blog.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

Belum ada komentar untuk "Mendaftarkan Blog di Sitemeter"

Post a Comment