Agar Widget Popular Posts Tampil Tanpa Thumbnail

Popular Posts atau Entri Populer adalah widget berfungsi untuk menampilkan beberapa postingan yang paling banyak dibaca oleh pengunjuung blog. Penempatan widget ini sendiri pada umumnya diletakkan pada bagian sidebar blog.
Untuk widget ini pun kita bisa mengatur tampilannya, misal berapa jumlah entri yang ingin ditampilkan, pakai tumbnail gambar kah tidak, atau mau tampil hanya judulnya saja.
Selera blogger berbeda-beda, ada yang ingin widget Popular Posts tampil disertai thumbnail, namun banyak juga yang ingin tanpa thumbnail atau hanya judulnya saja.
Kata senior sih memang tidak se-menarik jika widget Popular Posts ini ditampilkan dengan disertai gambar thumbnail juga potongan artikel, namun kembali lagi ke kalimat tadi, selera blogger berbeda-beda.Tergantung masing-masing. Asal judul dan isi artikelnya menarik pasti banyak juga pengunjung yang akan membacanya.

Nah, diartikel ini saya akan memberikan tutorialnya bagaimana men-setting widget Popular Posts ini agar tampil hanya judulnya saja. Sebenarnya ini bermula dari pengalaman pribadi, yaitu saya sendiri karena kemarin sempet bingung ingin mengatur widget satu ini agar tampil hanya judulnya saja. Kesana kesini muter-muter cuma nyari kode script yang dimaksud. Padahal sebenarnya di pengaturan widget itu sendiri sudah ada loh, tapi saya kurang memperhatikan. Makhlum lah mas blogger ajaran :D

Barangkali ada temen-temen blogger yang mengalami hal serupa dengan saya, sekarang jangan bingung lagi. Toh caranya ternyata sangat simpel kok. Gak perlu pakai script ini itu.

1. Login ke Blogspot
2. Masuk ke halaman "Tata letak"
3. Klik "Edit" pada widget Popular Posts
4. Sehingga akan muncul window baru yaitu "Konfigurasi Entri Populer" atau kalau Bahasa Jawanya "Configuration Popular Posts".


Menu konfigurasi seperti yang gambar diatas, penjelasannya kurang lebih seperti ini :

Judul : tulis judul yang diinginkan, misal "Entri Populer", "Paling Sering Dibaca", "Paling Hot Minggu Ini", atau yang lainnya.

Paling banyak dikunjungi :
  • Setiap saat, pilih setiap saat jika ingin menampilkan artikel yang paling banyak dibaca tanpa batasan waktu
  • 30 hari terakhir, menampilkan artikel yang paling banyak dibaca dalam waktu Satu bulan (30 hari) terakhir
  • 7 hari terakhir, menampilkan artikel yang paling banyak dibaca dalam waktu satu minggu (7 hari) terakhir
Tampilkan :
  • Thumbnail gambar, centang jika ingin menampilkan widget Popular Posts disertai gambar thumbnail
  • Cuplikan, centang jika ingin menampilkan widget Popular Posts tampil disertai potongan artikel
Jika ingin menampilkan hanya judul artikel saja tanpa gambar thumbnail dan tanpa potongan artikel, jangan centang keduanya

Tampilkan hingga : mengatur berapa jumlah artikel yang akan ditampilkan widget ini.

5. Jika semua sudah benar, tinggal klik "Simpan"

Gimana mudah kan? Semoga membantu

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

2 komentar untuk "Agar Widget Popular Posts Tampil Tanpa Thumbnail"

  1. thaks gan sekarang jadi tahu
    kapan kapan mampir kesini gan : http://dosmud.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. makasih gan untuk infonya, sekarang blog ane jadi rapih

    ReplyDelete