Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog

Dikesempatan malam yang indah ini dengan langit terang bertabur jutaan bintang (haiyah) saya untuk ketiga kalinya ini ingin menulis artikel dengan topik Alexa. Dua tulisan sejenis sebelumnya telah saya publish yaitu "Mengenal Alexa Rank" dan "Panduan Mendaftarkan Blog di Alexa". Tulisan ini masih merupakan serangkaian judul bertema sama dengan dua posting tersebut yaitu akan mengulas bagaimana cara memasang widget Alexa Rank di Blog. Sebelum masuk ke langkah-langkahnya mari kita diskusikan sebentar tentang apa itu widget Alexa Rank dan juga manfaat apa yang didapat untuk blog yang memasangnya.

Alexa Widget
Widget Alexa Rank adalah sebuah widget dari website Alexa.com yang akan menampilkan berapa nilai Alexa Rank yang dimiliki oleh suatu situs website/blog berdasarkan data peringkat global yang dirumus oleh pihak Alexa sendiri. Digit Alexa Rank yang ditampilkan widget ini akan berubah naik/turun sesuai update ranking yang dilakukan oleh Alexa. Selain itu terdapat juga opsi widget yang menampilkan jumlah total Links In yang didapat oleh website/blog itu. Contoh penampakannya seperti apa widget ini bisa kalian lihat di sidebar blog ini.
Lalu apa fungsi/manfaat yang bisa dirasakan oleh seorang blogger yang memasang widget Alexa Rank di blog-nya? Dalam hal ini banyak yang meyakini bahwa dengan itu akan mampu mengecilkan angka Alexa Rank blognya lebih cepat dibanding blog yang tidak memasang widget ini. Benar tidaknya silahkan nanti lakukan analisa sendiri dengan memasangnya diblog masing-masing.

Langkah-langkah memasang widget Alexa Rank di blog :

1. Buka website www.alexa.com untuk login dengan akun yang sudah kamu buat
2. Sudah Login sekarang buka lagi halaman ini http://www.alexa.com/siteowners/widgets

3. Dihalaman tersebut tersebut bisa kamu lihat penampakan beberapa pilihan style widget Alexa yang bisa dipilih. Tentukan satu, lalu isikan alamat blog pada kolom URL info (misal: www.anu.com) dan lanjutkan dengan klik button "Build Widget"

Cara memasang widget Alexa

4. Copy (Ctrl+C) kode pada kolom area sebelah kiri widget yang dipilih. Tahap selanjutnya tinggal memasangnya di Blog saja

Cara memasang widget Alexa

5. Pergi dan Login ke Blogspot
6. Dihalaman dashbor, masuk ke menu "Tata letak"

7. Klik "Tambahkan Gadget" kemudian pilih gadget "HTML/JavaScript"


8. Paste (Ctrl+V) kode widget kedalamnya
9. Simpan dan selesai

Untuk penempatan widget ini bisa kalian atur sendiri, di sidebar atau footer, terserah dimana yang pas.
Nah, kedepannya tinggal dipantengin saja tiap hari berapa itu angka di widget untuk mengetahui perkembangan nilai Alexa Rank blog kamu. Sekedar berbagi pengalaman, untuk blog ini sendiri sejak satu bulan pertama daftar di Alexa, angkanya turun tiap dua hari sekali, dari yang awalnya sekitar 22jutaan yang terpangkas sekitar 20jutaan. Alhamdulillah ... (^_^) bagaimana dengan blog kamu? Mari kita nantikan.
Semoga ini bisa bermanfaat.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

2 komentar untuk "Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog"

  1. wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.
    saya yakin bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.
    thanks ya gan.
    update selalu dan semoga tambah sukses.
    mantap..!

    ReplyDelete
  2. ternyata cukup rumit yah kalo pake alexa. alexa ku malajh no data terus nih... maklum baru pemula

    ReplyDelete