Membuat Semua Link di Blog Otomatis Membuka di Tab Baru

Membuat Semua Link di Blog Otomatis Membuka di Tab Baru - Beberapa hari yang lalu telah saya posting tentang tutorial bagaimana cara membuat link di Blog dan disusul dengan tutorial cara membuat link terbuka pada tab/halaman browser baru. Jika ada yang belum paham dengan judul posting ini, berarti kamu adalah salah satu tamu saya yang belum membaca artikel tersebut dan sebaiknya kamu membacanya dulu sebelum mengikuti tutorial ini. Klik disini untuk membacanya di halaman baru.
Untuk mas-bro dan mbak-bro yang sudah membacanya boleh melanjutkan (^_^).
Seperti yang sudah dibahas minggu lalu, saat membuat link kita bisa saja mengaturnya agar link tersebut saat diklik membuka dihalaman baru, yaitu dengan menambahkan kode "target="_blank" pada HTML-nya. Namun disini bukan dengan cara itu lagi yang akan kita bahas. Melainkan ialah kita akan membuat semua link yang ada dihalaman blog bisa otomatis membuka ditab/halaman baru jika link diklik. Maksudnya otomatis adalah kita tidak perlu menambahkan kode "target="_blank" lagi pada setiap link yang akan kita buat. Karena cara tersebut akan dirasa kurang efektif. Dengan cara ini, kita hanya perlu menambahkan sedikit kode HTML pada template sekali saja tanpa perlu mengulang-ulangnya lagi. Dan hasilnya seterusnya nanti semua link yang ada di Blog akan otomatis membuka ditab baru jika link diklik.

Baiklah daripada penasaran, sekarang silahkan agan-agan ikuti panduan cara membuat semua link di blog membuka otomatis ditab baru :

1. Login di Blogspot
2. Di halaman dashbor, pilih menu "Template"
3. Lanjutkan dengan klik "Edit HTML"

4. Cari kode <head> pada HTML template. Gunakan tombol CTRL+F untuk membantu menemukan kode.
5. Selanjutnya Copy (Ctrl+C) kode dibawah ini lalu Paste (Ctrl+V) dibawah kode <head>
<base target="_blank">
Sehingga kodenya akan jadi seperti ini :
<head>
<base target="_blank">
6. Ok sudah selesai, sekarang tinggal di simpan saja template-nya.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Semoga itu bisa sedikit menambah wawasan temen-temen blogger semuanya saja :) salam.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

2 komentar untuk "Membuat Semua Link di Blog Otomatis Membuka di Tab Baru"

  1. Apa arsip blog juga bisa langsung terbuka tab baru juga baru mas dengan cara ini?

    Tolong masukannya

    ReplyDelete
  2. Udah dilakuin, trus muncul begini
    Kesalahan saat mengurai XML, baris 600, kolom 5: The element type "base" must be terminated by the matching end-tag base.

    ReplyDelete