Bagaimana Sebaiknya Berkomentar di Blog Dofollow Untuk Berburu Backlink

Artikel ini saya tulis sekedar untuk memberikan panduan kepada temen-temen sesama pemula yang belum mengerti bagaimana mendapat backlink dengan cara berkomentar diblog dofollow. Seperti yang umum dilakukan oleh kaum blogger lain.
Kenapa harus blog dofollow? Tentu saja karena hanya blog dofollow yang bisa memberikan backlink melalui link komentar disetiap postingnya. Sudah pernah saya tulis ulasan tentang blog dofollow dipostingan "Pengertian Blog Dofollow dan Nofollow".

Cara berkomentar di Blog Dofollow
Dimana kita bisa menemukan blog dofollow? Tidak susah, sudah banyak dishare oleh temen-temen blogger lainnya tentang daftar blog dofollow melalui postingan mereka, silahkan cari di Google.
Berkomentar diblog dofollow hingga saat ini memang masih menjadi trend yang banyak dilakukan kaum blogger dalam aktifitas link building. Karena teknik tersebut dirasa sangat mudah dalam meningkatkan SEO dengan mengumpulkan backlink. Tak ayal blog jenis dofollow paling banyak diburu dikalangan kaum blogger

Terdapat beberapa poin penting yang sebaiknya diperhatikan oleh seorang blogger saat ia akan berkomentar di blog dofollow. Hal ini dimaksudkan agar setelah berkomentar kita benar mendapat backlink yang HALAL serta di ridhoi Google dan kawan-kawannya. Berikut ulasannya:

1. Memastikan bahwa blog tersebut benar dofollow
Setelah kamu dapati daftar blog dofollow yang kamu cari, sebaiknya lakukan chek ulang untuk memastikan sendiri apakah blog tersebut benar dofollow atau tidak. Banyak juga kasus terjadi situs blog yang mengaku dofollow tetapi setelah saya chek ternyata bukan dofollow melainkan nofollow. Atau juga status dofollow suatu blog bisa saja berubah menjadi nofollow kapan saja semau pemilik blog dofollow tersebut.
Tidak mau waktu terbuang sia-sia kan hanya karena salah target sasaran? Untuk itu pastikan terlebih dulu. Cara mudah membedakan mana blog dofollow dan mana nofollow bisa kamu lakukan dengan cara menginstall Add-ons "NoDofollow". Ulasannya sudah saya tulis dipostingan "Mengetahui Blog Dofollow dan Nofollow dengan Add-ons", silahkan diklik jika belum membacanya.

2. Membaca isi postingnya terlebih dulu
Sebelum meninggalkan komentar sebaiknya baca dan pahami terlebih dulu maksud artikel yang dituliskan. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa menulis komentar yang relevan atau nyambung dengan isi posting. Bukan asal-asalan menulis komentar. Apalagi untuk blog dofollow yang menggunakan moderasi komentar. Usahakan sebisa mungkin komentar yang kamu berikan haruslah memiliki nilai lebih agar di approve oleh pemilik blog dofollow tersebut. Dan jika komentar yang kamu tulis dirasa cukup berbobot, kemungkinan besar pemiliknya dengan senang hati akan berkunjung balik ke blog kamu.

3. Jangan berkomentar Spam
Berkomentar Spam maksudnya adalah menyertakan link aktif didalam isi komentar yang kita tulis. Jika URL yang ditulis bukanlah link aktif berarti itu tidak bisa disebut Spam. Contoh komentar Spam seperti ini:
Makasih sudah mau berbagi ilmunya, ditunggu kunjungan baliknya >> http://www.berwawasan.com
Sering kali saya temui cukup banyak komentar Spam di beberapa blog dofollow yang pernah saya kunjungi. Paling sering yaitu dari orang-orang dengan produk iklan yang dijualnya. Cara yang begitu jangan sampai ditiru. Karena justru dapat merugikan diri sendiri. Diblog jenis apapun komentar spam tidak bisa dibenarkan. Jika pun ada komentar Spam biasanya pemilik blog akan menghapus komentar tersebut. Rugi kan karena gak jadi dapat backlink? Untuk itu sebaiknya jangan nyepam saat berkomentar.

4. Gunakan opsi Name/URL
Berlaku untuk blog dofollow dengan platform Blogspot yang default-nya menyediakan beberapa pilihan untuk opsi akun komentar, salah satunya adalah Name/URL. Lebih disarankan menggunakan opsi Name/URL alasannya karena kita bisa bebas menentukan Anchor Teks apa saja yang kita targetkan. URL pun bisa disesuaikan. Anchor Teks sendiri adalah objek (teks) dari link yang kita buat. Dalam SEO, memilih Anchor Teks yang tepat adalah teknik jitu yang mampu menaikkan posisi website blog dihalaman SERP dengan keyword yang ditarget.
Misal, blog yang kamu kelola mengulas tentang tutorial tips-trik blog. Maka akan lebih baik kolom "Name" (sebagai Anchor Teks) kamu isi dengan kata kunci yang berkaitan erat dengan tema blog kamu itu, seperti misalnya Tutorial Blogger, Tips-Trick Blogspot, atau sejenisnya. Dan kolom "URL" isi dengan alamat URL blog atau ke URL yang mengarah ke salah satu postingan kamu.
Contohnya seperti screenshot dibawah ini:


5. Berkomentar dengan OpenID
Jika pemilik blog dofollow tersebut tidak menyediakan pilihan Name/URL, agar tetap mendapat backlink kamu masih bisa memilih opsi komentar dengan OpenID.
Saran saya gunakan opsi OpenID ini hanya jika pemilik blog dofollow tersebut tidak menyediakan opsi Name/URL. Jika ada opsi Name/URL lebih baik gunakan opsi itu saja, karena lebih menguntungkan dalam segi keyword dan arah backlink. Serta menilik dari 2 kekurangan yang dimiliki OpenID tersebut:
Pertama, backlink yang didapat tidak sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan, karena secara default Anchor Teks yang digunakan adalah URL blog sendiri. Tidak bisa memilih Anchor Teks dengan kata kunci yang lain.
Kedua, tidak bisa bebas menentukan URL link tujuan sebagai saluran untuk mengalirkan backlink ke blog kita, karena secara default link yang tersisip dalam OpenID adalah link yang menuju kehalamandepan blog saja. Tidak bisa mengarahke posting atau halaman lainnya.
Contoh komentar dengan OpenID seperti ini:

Tetapi apabila berkomentar dengan OpenID masih mengalami erorr, berarti kamu perlu membaca tulisan saya yang ini: Verifikasi OpenID Kamu Sekarang Juga

Itu saja sudah cukup menurut saya.
Setelah membaca dan memahami ke-5 poin diatas, pertanyaan susulan mungkin akan muncul dibenak kalian, seperti ini "Nah mas, kalau diblog dofollow itu tidak menyediakan opsi komentar dengan Name/URL dan juga OpenID trus gimana?"
Jika memang benar kalian menemui hal demikian, silahkan berkomentar seperti ini: "Niat gak sih bikin blog dofollow...?!!?!".

Selamat berburu backlink di blog dofollow  (^_^)

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

43 komentar untuk "Bagaimana Sebaiknya Berkomentar di Blog Dofollow Untuk Berburu Backlink"

  1. Terimakasih gan tipsnya ^_^

    ReplyDelete
  2. Informasinya sangat bermanfaat sob. Nambah lagi nih wawasan tentang dunia blognya. . aploussssss. :D

    ReplyDelete
  3. Makasih juga kunjungannya :)

    ReplyDelete
  4. Betul banget bro, berkomentar sesuai isi blog biar terjadi interaksi bukan hanya sekedar menaruh link.

    Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  5. terimakasih sob infonya, saya malahan belum tau tuh membedakan blog nofollow dengan blog dofollow katanya sih ada relnya... bahkan saya juga ndak tau atau lupa lagi blog mamang termasuk blog do apa no ...

    mamang mau berburu backlink ah, tapi kadang kita menyediakan kolom komentar dengan Name/URL yang komentar suka asal - asalan, maksudnya setelah di klik tertuju ke alamat blog yang error dan bisa menimbulkan broken link, yang tentunya dapat merugikan blog dofollow tersebut... katanya sih sob... katanya ehehehe.... tapi belog saya tetep menyediakan kolom komentar untuk Name/URL atau openID...

    ReplyDelete
  6. saya sih ngga terlalu penting blog yang saya kunjungi dofollow atau kagak karena tujuan saya berkomentar di blog yang saya kunjungi menambah wwsn saya dan belajar menanggapi suatu topik di setiap blog say saya kunjungi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas, sebaiknya berkomentar itu memang asli niat komentar, bukan ada embel-embel backlink hehehe

      Delete
  7. nice info sob. . jadi nambah lagi nih wawasan ane seputar dumay. heheh.
    ane bakal rajin mampir di sini sob. . :D

    ReplyDelete
  8. ikut simak mas.. keren nih tips nya

    ReplyDelete
  9. Silahkan mas. Makasih sudah mampir

    ReplyDelete
  10. mantap gan, lengkap sekali, saya juga tak jarang pake name/url dan open id. :) thanks

    ReplyDelete
  11. sangat berguna infonya,,jempol 5 gan ckckckck

    ReplyDelete
  12. @Jocker: sip mas :)
    @analisa-fx: hahaha, jempol kan cuma punya 4 saja.
    Btw makasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  13. Mantap nih, thangs atas infonya, :)

    ReplyDelete
  14. Buat tips n masukannya, saya ucpkan trimaksh gan dah mau berbagi. . .

    ReplyDelete
  15. kebetulan ane newbie di dunia blog, jadi seengganya tau
    thanks

    ReplyDelete
  16. makasih infonya sob,, kebetulan ane lagi berburu backlinks dari blog dofollow

    ReplyDelete
  17. sangat bermanfaat untuk newbie.. terimakasih atas infonya gan, ,

    ReplyDelete
  18. terima kasih tipsnya sob

    ReplyDelete
  19. nyimak dl mas, masih kurang faham soal backlink hehe...

    ReplyDelete
  20. wah lengkap gan penjelasannya thanks

    ReplyDelete
  21. tips dan triknya jitu bro, memang komentar yg cerdas akan menghasilkan daripada hanya nyepam. thanks bro, good article.

    ReplyDelete
  22. ane baru tau baca baca disini, hehe,, aku kadang sering eror makanya aku pake wordpress,
    kebanyakan yang pake blogspot, heheh,, sedangkan web saya udah lama gak dibuka n gak update, terimakasih pencerahanya menambah wawasan saya ^_^

    salam cinta

    ReplyDelete
  23. Mungkin kesalah saya adalah komentar sebagai spam karena saya tidak pernah berkomentar dengan baik sesuwai dengan tema postingan pemilik blog tersebut jadi komentar saya sering nggak di terima oleh pemilik blog tersebut, mungkin inilah jalan keluar bagi saya agar bisa mendapatkan backlink dari komentar blog dofollow yaitu bukan sembarang komentar yang hanya spam atau untuk memburu backlink semata. Terimakasih ini sangt berguna sekali bagi saya dan mulai sekarang saya akan berkomentar sesuwai dengan tema blog tersebut

    ReplyDelete
  24. semoga sukses selalu ya gan.......?

    ReplyDelete
  25. Tapi benarkah blog dofollow tidak identik dengan backlink, atau sebaliknya?

    ReplyDelete
  26. kenapa kok blog ini tidak dofollow ? http://vipergoy.blogspot.com/

    ReplyDelete
  27. Ternyata menyisipkan link aktif di komentar termasuk spam ya soB ? tapi beberapa blog dfollow yang saya temui kok hampir semua komentarnya mengandung link aktif, tapi pemilik blog atau webnya kok fine-fine aja ya ? :D

    ReplyDelete
  28. Info Ini Sangat Bermanfaat, makasih atas infonya

    ReplyDelete
  29. makasih mas tutorialnya sangat bermanfaat untuk saya...
    jadi nambah wawasan

    ReplyDelete
  30. makasih mas tutorialnya sangat bermanfaat untuk saya...
    jadi nambah wawasan

    ReplyDelete
  31. makasih sob,langsung di praktekan

    ReplyDelete
  32. makasih atas informasinya...

    ReplyDelete
  33. Nice info gan...tutorial ini amat sangat berguna sekali khusus utk website saya....tks.

    ReplyDelete
  34. Enak sekali pagi hari baca artikel Anda, karena infonya sesuai dengan yang saya cari, makasih buat infonya....

    ReplyDelete
  35. makasih mas tutorialnya sangat bermanfaat untuk saya...
    jadi nambah wawasan

    ReplyDelete
  36. artikel yang sangat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. trimakasih kawan

    ReplyDelete
  37. tapi kalau pake Id agak susah gan,,, sering eror. Tapi Makasih banget udah ngasih wawasan. Good Luck

    ReplyDelete