Mengubah Warna Background Pada Teks Seleksi

Maksud Teks Seleksi disini adalah teks yang di-blok dengan mouse untuk diseleksi teks mana saja yang dipilih agar kemudian bisa untuk diedit, dihapus, atau disalin. Bisa juga menyeleksi teks menggunakan keyboard dengan cara klik tombol CTRL+A jika ingin menyeleksi keseluruhan teks yang ada.
Saat melakukan seleksi pada teks, coba perhatikan pada bagian teks yang terseleksi itu. Biasanya teks tersebut akan berwarna putih dengan latar warna biru. Benar begitu kan?
Sama seperti pada teks yang tampil dihalaman website blog, yang pada umumnya saat teks diblok akan berwarna sama seperti yang sudah disebutkan diatas.

Untuk seorang blogger sebenarnya bisa saja mengubah warna biasa tersebut agar menjadi warna yang tidak biasa, jika ingin blog-nya tampil agak berbeda dari kebanyakan blog. Misalnya saja diganti dengan warna hitam, merah, hijau, pink, ungu atau warna lainnya. Caranya pun cukup mudah, hanya perlu menambahkan sedikit CSS didalam HTML template yang akan mengatur warna teks seleksi.
Sekarang lihat ke-dua contoh penampakan teks seleksi dibawah ini antara sebelum dan sesudah ditambahkan kode CSS yang mengatur tampilannya.

Sebelum :

Sesudah :

Bagaimana, tertarik untuk membuat yang seperti itu? Jika iya, yuk ikuti langkah mudah mengubah warna background pada teks seleksi berikut ini :

1. Pertama, Login di Blogspot
2. Pada dashbor blog, pilih menu "Template" lalu klik "Edit HTML"
3. Temukan kode   ]]></b:skin>

4. Kemudian salin dan letakkan kode berikut diatas atau sebelum kode ]]></b:skin>

::selection {
color: white;
background-color: #FF00FF;
}

::-moz-selection {
color: white;
background-color: #FF00FF;
}
5.Simpan template dan selesai

Kamu bisa mengganti kode warna merah diatas dengan kode warna lainnya sesuai yang kamu inginkan. Semoga bisa bermanfaat.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

2 komentar untuk "Mengubah Warna Background Pada Teks Seleksi"

  1. kalau di pasang di wordpress kira2 bisa nggak yah, keren nih lain daripada yang lain, kan umumnya warna seleksi itu biru

    ReplyDelete
  2. Bisa mas kayaknya, cuman saya belum tes juga sih :)

    ReplyDelete