Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Sendiri

Cara Mengetahui Jumlah Backlink - Ngomongin tentang backlink, yang kemudian terlintas di pikiran kita mungkin adalah tentang teknik SEO. Atau lebih tepatnya adalah SEO Off Page yang dimana lebih di dominasi dengan melakukan teknik-teknik link building.
Seperti kita tau bahwa Search Engines masih menjadikan backlink sebagai parameter penting dalam memberikan peringkat suatu situs. Algoritmanya semakin banyak jumlah backlink yang dimiliki oleh situs website blog, maka peringkat yang didapat situs tersebut akan semakin baik juga. Tentu kalian sudah sering membaca gagasan seperti itu.
Tentang bagaimana cara mendapat backlink saya rasa tidak perlu saya tulis disini, karena saya yakin kalian sudah lebih jago daripada saya. Disini saya hanya ingin berbagi tips ringan saja tentang cara mengetahui jumlah backlink yang dimiliki blog sendiri. Yang saya yakin untuk temen-temen sesama pemula pasti masih membutuhkan panduan ini (^_^)

Pertanyan-nya sekarang apakah perlu seorang blogger mengetahui jumlah backlink untuk blog-nya sendiri?
Kalau menurut saya sih itu tergantung dari masing-masing si-blogger. Jika dirinya menganggap optimasi blog (SEO) itu penting, tentu saja mengetahui jumlah backlink akan sangat ia butuhkan. Tujuannya mas ?
Dengan mengetahui berapa jumlah backlink blog yang sudah didapat, kita bisa menjadikannya itu sebagai tolak ukur sudah sampai mana proses optimasi SEO terutama SEO Off Page yang sudah kita lakukan sampai sejauh ini.
Apakah blog kita sudah cukup baclink atau masih jauh dari cukup? Selanjutnya hal itu nanti bisa dijadikan data untuk referensi kita bagaimana sebaiknya strategi SEO yang lebih perlu untuk dilakukan kedepannya.
Misalkan, umur blog sudah berumur tapi kok backlink yang didapat masih minim sekali. Berarti kita musti lebih giat lagi untuk mencari backlink agar blog bisa bersaing di SERP Engines.
Misalkan lagi, blog sudah berumur dan backlink pun sudah cukup banyak, berarti kita boleh untuk rehat mencari backlink dan lebih fokus untuk melakukan teknik optimasi lain. Membuat posting baru misalkan, agar lebih banyak kata kunci yang bisa dibidik dan nanti siap untuk di adu di SERPs.

Penjelasan dari tujuan mengetahui jumlah backlink diatas hanyalah menurut pandangan saya pribadi saja, dan saran saya silahkan cari referensi lain yang mungkin saja ada tujuan lainnya yang lebih penting daripada sekedar itu.

Kita kembali ke topik utama, bagaimana cara mengetahui jumlah backlink blog sendiri?
Yang pasti kita tidak mungkin bisa menghitungnya sendiri tanpa menggunakan bantuan alat. Jadi biarkan tool yang melakukan itu. Ada banyak kok website yang menyediakan tool untuk menelusuri backlink dan menghitungnya, dan yang paling penting itu adalah gratis (^_^).
Sekarang coba pergi ke Google.com dan ketikkan keyword "Backlink Checker Tool". Di halaman SERP bisa kita lihat ada banyak situs web yang akan ditampilkan Google. Bisa kita coba mengunjunginya satu per satu untuk memilih tool mana yang lebih cocok.
Beberapa sumber referensi yang saya baca menyebutkan, dari sekian banyak backlink checker tool yang ada itu yang terbaik adalah dari situs-situs berikut:

Best Backlink Checker Tool:

1. Backlink Watch!
2. Ahrefs
3. Iwebtool
4. Analyze Backlinks
5. Majestic SEO
6. Open Site Explorer

Namun faktanya dari pengalaman pribadi, setelah mencoba beberapa tool tersebut, ternyata jumlah backlink yang dihasilkan oleh masing-masing tool itu berbeda-beda alias setiap tool memiliki ketidaksamaan jumlah backlink yang ditampilkan. Jadi bingung mana yang lebih akurat?
Karena itulah saya lebih memilih menggunakan tool resmi dari pihak Google saja, dengan masuk ke "Google Web Master Tools" setiap kali saya ingin mengecek jumlah backlink blog ini. Saya pikir perhitungan backlink oleh Google tool akan lebih akurat. Alasan versi saya, karena Google adalah Search Engine terbesar serta terhubung langsung ke semua layanan Google yang lain.
Detail tautan per halaman blog pun juga dapat dilihat secara terprinci, sehingga jika kita mau membuat backlink khusus untuk halaman tertentu, informasi dari Google Webmaster Tools ini bisa menjadi referensi strategi optimasi kita.
Sebelumnya pastikan bahwa blog kamu telah terdaftar di Google Webmaster Toos. Tinjau ulang panduannya ditulisan ini: Cara Mendaftarkan Blog ke Google.

Panduan cara mengetahui atau cek jumlah backlink blog sendiri melalui Google Webmaster Tools:

1. Pergi dan Login di https://www.google.com/webmasters/tools
2. Pilih blog mana yang ingin diketahui jumlah backlink nya
3. Dihalaman Alat Webmaster, klik menu "Lalu Lintas Penelusuran" kemudian klik lagi "Tautan ke Situs Anda". Contohnya seperti screenshot dibawah ini:

(Klik gambar untuk memperbesar penampakan)

Kekurangan dari Google Webmaster Tools adalah karena data backlink yang ditampilkan tidak terupdate secara online. Tetapi setidaknya informasi itu sudah cukup memberikan gambaran mengenai berapa total backlink yang sudah tertaut ke blog kita.
Atau jika kalian mengetahui tool backlink checker lainnya yang menurut kalian lebih akurat, saya akan sangat senang jika kalian mau sharing disini (^_^)

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

25 komentar untuk "Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Sendiri"

  1. Ternyata mudah ya, mengetahui jumlag back link , thks sob atas informasinya

    ReplyDelete
  2. Ada banyak ya gan, yang paling akurat yang mana nih? hasilnya bisa berbeda-beda tiap situs tersebut.

    ReplyDelete
  3. wadu saya baru tau mas... saya buat belog tadinya saya cuma belajar nulis dan belajar bahasa yang baik aja, akhirnya dah 8 bulan belajar belum bisa juga ehheeh.. ternyata bisa di lacak backlinknya ya mas... terus manfaatnya bisa di tukar/ dicairkan uang begitu... blog saya Total tautan
    20.916 itu bagus aoa jelek mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pura2 gk tau za ni mang yono ckckck :D

      Delete
  4. terimakasih infonya master

    ReplyDelete
  5. total backlinks saya 6735 saya cek pakai Backlink Watch!

    ReplyDelete
  6. Seperti biasa saya pakai backlink watch mas untuk cek linknya.

    ReplyDelete
  7. kenapa hal yang sperti ini bisa terlewatkan oleh saya :D , terimakasih gan sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  8. oh gitu ya...saya kira tautan ke situs anda itu apa hehe, itu backlink toh...saya baru tau sob..
    terima kasih telah berbagi :)

    ReplyDelete
  9. Sama2 mas (^_^) senang bisa berbagi

    ReplyDelete
  10. wah bagus nih artikelnya,thx bero

    - AHS - http://ah-shared.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Mantab . . Bagus nih di coba :) Visit back dong? www.mafiasitez.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  12. thanks infonya,,,, www.mediaproyek.com

    ReplyDelete
  13. Cara menambah backlink yang ampuh bagaimana ya gan?

    ReplyDelete
  14. Saya sudah kesana-kemari nyari tau gimana caranya nge-cek backlink, ternyata gampang,... Trimakasih infonya,....

    ReplyDelete
  15. Mampir gan....Thanks artikelnya...

    ReplyDelete
  16. oke, nih tau juga cara lihat jumlah backlink


    tks

    ReplyDelete
  17. terima kasih infonya gan menambah ilmu saya

    ReplyDelete
  18. setuju mas, GWT memang udah lebih lengkap sebenarnya, tapi terkadang kurang cepat buat crawl smua backlink.

    ReplyDelete
  19. Nunut belajar mas, suwun

    ReplyDelete
  20. permisi gan numpang nanya..untuk blog baru biasanya butuh berapa lama ya untuk bisa melihat backlink-nya?

    ReplyDelete
  21. informatif...http://ceritajengyuni.blogspot.com/

    ReplyDelete
  22. thanks infonya gan,langsung cek tkp penasaran soalnya hehe

    ReplyDelete
  23. gimana caranya buat cek keyword selain di adword ya? mohon pencerahaanya untuk kata kunci saya dibawah ini
    terima kasih
    furniture minimalis
    ranjang tingkat

    ReplyDelete
  24. Nice share gan, sekalian nanya, gimana biar back link yg kita buat di blog lain terindex pada links in alexa?

    from Opick Weblog

    ReplyDelete