Pengertian Ping dan Cara Melakukan Ping Blog

Apa pengertian PING?
PING (Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak di-ujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
Dalam dunia website blog PING (Ping Blog) diartikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh pemilik website blog untuk mengirim atau memberitahu Search Engines tentang adanya konten atau URL baru yang diterbitkan, contohnya postingan blog.
Cara kerja dari Ping blog sendiri adalah mendorong XML-RPC untuk memberitahu server tentang hal baru dilakukan pada blog.
PING
Apakah jika tidak melakukan Ping blog maka artikel yang baru diposting tidak bisa di-indeks oleh spiderbot mesin pencari? Bukan seperti itu juga, Google atau Search Engines lainnya tetap secara otomatis akan meng-indeks setiap ada update terbaru dari blog meskipun tanpa kita melakukan PING, namun dalam tanda kutip "lama-kelamaan". Bayangkan saja ada berapa juta situs blog di jagad maya ini, serta berapa juga blog yang melakukan update dalam waktu yang bersamaan. Nah disitulah peran Ping blog dibutuhkan, agar mesin pencari bisa lebih cepat meng-index update terbaru yang dilakukan.

Bagaimana cara melakukan PING blog?
Ada banyak situs yang melayani Ping service secara mudah dan gratis, silahkan cari di Google dengan kata kunci “Ping service”. Tetapi menurut saya tidak semua situs tersebut layak untuk digunakan. Saya rekomendasikan untuk memilih beberapa situs penyedia layanan PING blog terbaik seperti berikut : Ping O Matic, Google Ping, MyPagerank.net (Ping Service), Pingates dan Pingler.

Pada dasarnya cara melakukan Ping blog dihampir semua situs penyedia layanan Ping service tersebut hampir memiliki kesamaan. Kita hanya perlu untuk mengisi data yang diminta seperti nama blog, URL blog, alamat email dan sebagainya.
Baiklah untuk panduan, dalam posting ini saya memilih Google Ping sebagai contoh bagaimana cara melakukan Ping blog. Yuk mari cekidot.

Pertama, kunjungi URL ini http://googleping.com

Google Ping


Terdapat beberapa kolom untuk di-isi. Pada kolom "Blog Detail" isikan seperti ini:

  • Blog Name: isi dengan nama atau judul blog (contoh, Berwawasan.com)
  • Blog Home Page: isi dengan URL blog (contoh, http://www.berwawasan.com)
  • RSS URL: isi dengan alamat URL RSS blog (contoh,  http://www.berwawasan.com/feeds/posts/default)
  • Email (required for some): isi dengan alamat email valid (contoh, ansory_sc@yahoo.com)
Pada kolom "Services to Ping" klik saja pada tulisan "(Check All)" untuk mencentang semua target Ping yang ada.

Kolom paling bawah yaitu kode Captcha, isi sesuai huruf dan angka yang ditampilkan.
Yang terakhir tinggal di-klik "Send Pings >>".

Tunggu hingga proses Ping blog selesai dilakukan. Jika sudah maka akan muncul halaman "Ping Result" yang menampilkan keseluruhan hasil dari Ping blog tadi.
Oke, sudah selesai (^_^) sekarang sudah boleh tersenyum.

Penting :
Melakukan Ping blog secara berlebihan (keseringan) tidaklah dibenarkan, sebab hal itu justru akan dianggap sebagai tindakan Spam oleh mesin pencari. Sekalipun kamu melakukan update posting 3 hingga10 artikel per-hari misalnya. Setidaknya lakukanlah Ping blog satu minggu satu kali, itu sudah cukup.
Semoga bisa membantu.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

6 komentar untuk "Pengertian Ping dan Cara Melakukan Ping Blog"

  1. Terima Kasih Infonya jadi Ngrti Saya

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Wita, makasih juga sudah berkunjung

    ReplyDelete
  3. Klo sering ping bakalan di anggep spam yah ?

    ReplyDelete
  4. Lebih baik lakukan ping blog secara teratur saja mas, seminggu satu kali sudah cukup baik.

    ReplyDelete
  5. Ping sangat bermanfaat mas agar cepat postingan baru atau perubahan terhadap template cepat dibaca oleh mesin pencari. Ini tentunya sangat bermanfaat demi menjaga kestabilan pengunjung.

    Bila mas membutuhkan situs ping yang bisa dipercaya silahkan mampir di blog saya, jangan lupa beri komentarnya. Makasih.

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat banget gan. Artikelnya bagus bagus

    ReplyDelete