Menyesuaikan Ukuran Kotak Komentar

Kalau boleh saya menebak apa yang kamu pikirkan begitu membaca judul posting ini, dalam hati mungkin kamu sedang bertanya "Merubah ukuran kotak komentar? Buat apa mas … ?!?"
Memang cara ini sangat jarang sekali dilakukan oleh kaum blogger, lha wong kalau dipikir-pikir ngapain juga musti repot merubah ukuran kotak komentar blog yang tidak memiliki pengaruh penting. Apakah iya dengan merubah komentar akan bisa menjamin Pembaca akan meninggalkan komentar setelah usai membaca artikel? Atau apakah bisa dengan merubah ukuran komentar akan menjadikan blog lebih SEO?
Tentu saja bukan seperti itu, tetapi ini lebih ke desain blog. Ukuran kotak komentar yang pas, tentu saja blog akan membuat blog lebih enak dipandang mata. Terutama sekali mata pengunjung yang membaca postingan serta ingin meninggalkan jejak pada kotak komentar. Bukankah begitu mas/mbak?

Pas atau tidak pas ukuran kotak komentar dilihat, tentu ditentukan dari berapa  ukuran template yang digunakan, serta ukuran elemen lain disekelilingnya. Untuk itulah terkadang seorang blogger perlu untuk menyesuaikan ukuran kotak komentar diblog-nya jika dirinya merasa kurang pas dengan ukuran sebelumnya
Cara merubah kotak komentar tidaklah rumit, kita hanya perlu masuk ke menu editor HTML template kemudian cari kode yang mengatur penampakkan kotak komentar didalamnya, dan tinggal dirubah saja angka Pixel-nya. Lebih detailnya seperti ini :

1. Login di Blogspot
2. Dihalaman dashbor pilih menu "Template" dan lanjutkan dengan klik "Edit HTML"
3. Kemudian temukan kode yang seperti berikut :
<iframe allowtransparency='true' expr:src='data:post.commentFormIframeSrc' frameborder='0' height='380px' id='comment-editor' scrolling='auto' width='500px'/>
4. Tinggal kamu rubah saja angka pada kode height='380px' dan width='500px' seperti diatas. Silahkan disesuaikan sendiri.

Kode warna merah adalah yang perlu disesuaikan :
  • width= menyatakan ukuran lebar komentar
  • height= menyatakan tinggi kotak komentar
5. Jika sudah tinggal disimpan saja template-nya

Semoga bermanfaat.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

3 komentar untuk "Menyesuaikan Ukuran Kotak Komentar"

  1. Nah kalau gini kan jadi enak diliatnya ya mas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar

    ReplyDelete
  2. Thanks for the article.(essaymarket co uk) Very interesting

    ReplyDelete
  3. Nah, kalau saja kekuatan secara online-essay-writer.org yang akan akan mendengarkan .

    ReplyDelete