Cara Memasang Google Translate Di Blogspot

Google Translate
Google Translate atau Google Terjemahan merupakan salah satu layanan dari Google.Inc yang berfungsi untuk menterjemahkan suatu Bahasa ke berbagai Bahasa lain yang berbeda. Contoh Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, Bahasa Prancis ke Bahasa Spanyol, Bahasa Brazil ke Bahasa China, dll.
Tentu akan sangat membantu sekali bagi pengguna Internet untuk memahami maksud penyampaian tulisan pada suatu halaman website blog yang menggunakan Bahasa asing.
Beberapa tulisan menyebutkan bahwa Google Translate ini termasuk dalam salah satu daftar kamus online terbaik dari berbagai layananan serupa lain yang ada saat ini.

Selain itu Google Translate juga menyediakan Plug-in untuk berbagai browser Internet serta tidak ketinggalan juga widget untuk dipasang di website blog seperti Blogspot, Wordpress dan lainnya. Terdapat banyak sekali pilihan Bahasa yang disediakan disitu. Memasang widget Google Translate penting sekali bagi kaum blogger atau webmaster yang ingin agar situsnya bisa menembus pembaca dari seluruh belahan dunia.

Minggu lalu saya telah memposting artikel tutorial tentang "Memasang Google Translate Versi Bendera" yang pada dasarnya widget tersebut juga menggunakan layanan dari Google Translate ini yang telah dimodifikasi oleh tangan kreatif sehingga tampil berbeda daripada tampilan aslinya.
Berbeda dengan Google Translate versi Bendera tersebut yang hanya memiliki fitur terjemahan terbatas yaitu sekitar 12 Bahasa berbeda saja sesuai dengan Bendera Negara yang tampil di widget. Kalau di Google Translate yang ini kita bisa memilih lebih banyak Bahasa lagi sesuai dengan Bahasa yang tersedia disitu. Pada menu konfigurasi, disana kita bisa menentukan sendiri bahasa apa saja yang ingin disediakan pada widget nantinya.
Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti panduan cara memasang Google Translate di Blog berikut:

1. Buka halaman https://translate.google.com/manager/website
2. Login dengan akun Gmail atau Blogspot kamu
3. Klik button berwarna biru "Add to Your Website Now"


4. Pada kolom URL isikan alamat blog yang ingin dipasangkan widget. Button dibawahnya pilih bahasa utama yang digunakan blog kamu. kemudian klik "Next". Lihat contoh gambar.


5. Selanjutkan adalah menu konfigurasi, dimana kita diminta menentukan sendiri fitur dari widget Google Translate seperti yang diinginkan.



  • Translation languages: Memilih semua Bahasa yang disediakan atau memilih beberapa saja
  • Display mode: Ada 3 pilihan tersedia, Vertical, Horizontal dan Dropdown. Silahkan tentukan sendiri. Lihat preview-nya
  • Advanced: Fitur lanjutan. Centang salah satu atau biarkan defaultnya saja
6. Pada halaman baru yang muncul akan tampil kode widget untuk kita pasang diblog.


  • Kode pada kotak area pertama: adalah meta tag, salin kode dan paste didalam HTML template. Sesua petunjuk, letakkan kode tersebut setelah kode <head> atau sebelum kode </head> 
  • Kode pada kotak area kedua: salin dan letakkan kode tersebut di Sidebar blog atau dimana saja kamu ingin menampilkan widget-nya.
Untuk pengguna Blogspot caranya masuk ke menu "Tata Letak" lalu pilih "Tambahkan Gadget" dan pilih "HTML/JavaSript". Paste kode (kotak kedua) tersebut kedalamnya.
Tinggal klik simpan dan selesai (^_^)

Oiya, setelah memasang Google Translate tersebut jika ada saatnya kamu merasa ada yang kurang pas (misal daftar Bahasa), bisa kamu lakukan pengaturan ulang melalui URL https://translate.google.com/manager/website/suggestions

Semoga membantu.

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

13 komentar untuk "Cara Memasang Google Translate Di Blogspot"

  1. kasian kalo ada visitor luar negeri yang berkunjung kalo gk ada widget google translatenya :D bisa melongo tuh

    ReplyDelete
  2. pengen sih pake widget google translator di blog cuma kebanyakan widget jadinya rame banget keliatannya hehe...

    ReplyDelete
  3. Trims sharingnya, mas...dan salam kenal, kalau sempat mampir balik sekalian mengundang untuk meramaikan launchingnya direktori dofollow Indonesia baru dengan submit url gratis. :)

    ReplyDelete
  4. Ane tahan dulu pasang google translatenya gan, terlalu byk widget di blog ane.

    ReplyDelete
  5. keren" jgn lupa mampir gan

    Andrekocak Blog
    Blog Kocak Dan Sederhana

    ReplyDelete
  6. Artikelnya sangat bermanfaat gan,,thanks ya sudah di share :)

    ReplyDelete
  7. Mo nanya di mas kalo di pasang apa tidak memberatkan loading blog...?

    ReplyDelete
  8. mksih gan.. artikelnya.. udah di coba kog.. berhasill.. thanks yah..

    ReplyDelete
  9. gan, kalo widget nya yang keren tuh biasanya, berat gak yaa?

    ReplyDelete
  10. kok, saya ga bisa ya, ga muncul nama negaranya, mohon bantuannya
    di http://klikseotrends.blogspot.com

    ReplyDelete