Mengetahui Blog Dofollow dan Nofollow Dengan Add-Ons

Dofollow or Nofollow
Sebelum masuk ke inti bahasan posting ini yaitu bagaimana cara mengetahui blog Dofollow dan Nofollow yang pada maksudnya adalah dengan sebuah Add-ons, ijinkan saya mengulas (secara singkat) terlebih dulu tentang penjelasan dari istilah blog Dofollow. Barangkali saja masih ada satu dua tiga empat lima enam dari sahabat blogger yang belum mengerti apa maksud istilah tersebut.

Blog Dofollow adalah jenis blog yang jika kita berkomentar diblog tersebut, link yang kita buat bersama komentar tadi akan dihitung sebagai Backlink oleh mesin pencari, Google contohnya. Kebalikan dari blog Dofollow adalah blog Nofollow. Tulisan lengkap tentang definisi blog Dofollow dan Nofollow bisa kamu baca dipostingan “Pengertian Blog Dofollow dan Nofollow”.

Sedangkan Backlink sendiri merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi baik tidaknya peringkat suatu website blog dimata mesin pencari. Algoritma-nya semakin banyak backlink yang dimiliki suatu website blog maka akan semakin bagus juga reputasi website blog itu dimata mesin pencari.
Karena alasan itulah kaum blogger berlomba-lomba saling mengejar mengumpulkan Backlink sebanyak mungkin agar website blog-nya bisa menduduki tahta tertinggi dihalaman SERP Engine.
Dan salah satu cara mudah untuk mendapat backlink adalah dengan berkomentar diblog Dofollow tadi. Jadi tidak perlu heran lagi jika blog Dofollow akan selalu berstatus “WANTED” didunia perbloggeran, khususnya bagi mereka para pemburu backlink.

Cukup paham kan dengan tulisan diatas?
Baiklah, sekarang kita kembali ke topik posting. Bagaimana cara mengetahui mana blog dofollow dan mana blog nofollow?
Pertanyaan seperti diatas ada karena untuk membedakan mana blog Dofollow dan mana Nofollow memanglah diperlukan cara khusus. Karena jika hanya dilihat dari penampakan blog saja belumlah cukup untuk bisa dibedakan antara jenis ke-duanya. Salah satu cara mudah yang juga umum dilakukan oleh banyak kaum blogger yaitu dengan menginstall Add-ons Mozilla Firefox yang bernama "NoDofollow". Alamat website sang developer bisa kita kunjungi di http://www.zacharyfox.com.
Dengan menginstall NoDofollow kita bisa dengan mudah mengetahui semua jenis link yang terdapat dihalaman website blog. Jadi bukan hanya sekedar untuk melacak blog Dofollow saja, melainkan bisa juga untuk mengintip semua link yang ada dihalaman website blog yang mana link Dofollow dan yang mana link Nofollow. Sekarang yuk mari kita cekidot.

Untuk menginstal Add-ons NoDofollow langkah-langkahnya seperti ini :
1. Pertama, download Add-ons nya dihalaman https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/nodofollow/?src=userprofile


2. Selesai download, silahkan Install Add-ons NoDofollow tersebut di browser Mozilla Firefox yang digunakan.

3. Setelah proses install selesai, "Restart" Mozilla Firefox yang sedang running untuk mengaktifkan Add-ons nya.

4. Tunggu hingga Mozilla Firefox kembali running, maka otomatis "NoDofollow" sudah terpasang dan siap untuk digunakan.

Sekarang simak bagaimana cara menggunakan Add-ons NoDofollow untuk mengetahui mana jenis blog Dofollow dan juga mana jenis Blog Nofollow :

1. Pertama, kunjungi blog yang ingin diketahui jenisnya. Misalnya saja yang kita kunjungi adalah 'www.anu.com'.

2. Sesampainya di blog 'anu', baca salah satu postingnya yang sudah terdapat (minimal satu) komentar. Karena yang membedakan blog Dofollow dan blog Nofollow adalah link dikomentarnya.

3. Klik pada "Tool" di menu-bar Mozilla Firefox lalu klik lagi "NoDofollw". Atau bisa juga dengan klik kanan mouse lalu pilih "NoDofollow".
4. Jrrreeeng...!!! semua link yang terdapat diblog 'anu' tersebut akan otomatis ter-blok dengan warna  merah  dan  biru 

Nah untuk mengetahui mana link Dofollow dan Mana link Nofollow cara membedakannya seperti ini :
  • Link yang di-blok dengan warna  merah  menunjukkan bahwa link tersebut adalah link Nofollow
  • Link yang di-blok dengan warna  biru  menunjukkan bahwa link tersebut adalah link Dofollow
Bisa dipahami kan?
Untuk mengetahui jenis blog (Dofollow atau Nofollow) silahkan kamu lihat pada komentar dibawah posting yang sudah ditampilkan. Kemudian arahkan perhatian pada link Username atau bisa juga pada link didalam isi komentar jika ada (sebaiknya jangan ada, karena itu adalah tindakan spam dan bisa dikenai pasal berlapis).

Jika link pada Username tersebut di-blok dengan warna merah sudah jelas bahwa blog itu adalah jenis Nofollow.
Daaaannn jika ternyata link di-blok dengan warna biru, maka selamat itu adalah blog Dofollow yang sedang kamu cari.
Silahkan berkomentar disitu, dan jangan lupa untuk menggunakan opsi Name/URL atau OpenID (jika tersedia) agar mendapat baclink dari blog Dofollow tersebut.

Ini hanyalah salah satu dari beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui blog Dofollow dan Nofollow. Cara lainnya akan kita ulas dilain kesempatan.
Tidak lupa terimakasih kita untuk sang pembuat Add-ons "NoDofollow" tersebut yang telah membantu banyak kaum blogger. Yuk mari berkunjung ke blog-nya di http://www.zacharyfox.com

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

8 komentar untuk "Mengetahui Blog Dofollow dan Nofollow Dengan Add-Ons"

  1. untuk chrome ada gk gan?

    comeback.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chrome pakai cara lain bs juga kok gan, udh banyak dishare. Silahkan cb googling :)

      Delete
  2. Ini yang saya cari, makasih infonya brother..

    ReplyDelete
  3. untuk chrome bisa juga kan sob? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau 'NoDofollow' kayaknya cm buat Firefox v20.0 keatas aja deh gan. Untuk Chrome ada kok alternatif lain. Bs cari di Google. Makasih kunjungannya :)

      Delete
  4. Wah makasi banyak gan, ini yang ane cari-caro selama ini :D

    ReplyDelete