Cara Mengganti Template Blogspot

Seperti yang kita tau Blogspot sudah menyediakan beberapa template keren yang siap digunakan oleh pengguna barunya.
Faktanya banyak dari temen-temen blogger yang tidak puas dengan template bawaan dari Blogspot, mungkin kamu adalah salah satunya. Sayapun juga termasuk tentunya.
Ada berbagai alasan, mungkin template Blogspot tersebut terkesan sangat simpel, kurang SEO frendly, kurang enak dilihat dan berbagai alasan lainnya yang akhirnya mereka memutuskan untuk berganti template saja. Namun tidak semua blogger seperti itu, toh masih banyak juga kok blogger yang setia menggunakan template bawaan dari Blogspot itu.

Nah buat sobat yang kepengen ganti template blog-nya, tetapi bingung mau download template dimana, kalian bisa mengunjungi situs Zoomtemplate.com atau Btemplates.com. Disana akan kalian temui banyak sekali template-template keren dan yang terpenting bisa didownload secara cuma-cuma alias gratis. Siapa tau ada template yang cocok untuk blog kamu.

Pada artikel ini saya akan memberikan contoh bagaimana cara mengganti template blogspot dengan template yang baru kita download.
Pertama yang harus kamu lakukan setelah mendownload template, jika file tersebut berbentuk file .RAR atau .ZIP lakukan extract terlebih dulu. Cari file yang berekstensi .XML.
Perlu kita ketahui juga bahwa tidak semua template yang kita download berekstensi XML namun ada juga yang berbentuk file .TXT

Blogger template

  • Mengganti template Blogspot dengan file template.XML
1. Login ke akun Blogspot
2. Masuk pada setting template


3. Jangan lupa backup template terlebih dulu untuk jaga-jaga kalau ada error kode, baca cara backup template blog disini

4. Untuk meng-upload template baru, klik "Cadangkan/Pulihkan" kemudian klik "Browse..."


5. Cari file .XML di folder tempat kamu menyimpan. Klik file-nya lalu klik "Open"


6. Tunggu hingga proses upload selesai
7. Setelah sukses klik "Simpan template"

Untuk cara ini proses mengganti template dengan file .XML sudah selesai. Lalu bagaimana cara mengganti template jika template yang kita download tadi ternyata file-nya berekstensi .TXT ?? Simak tutorialnya dibawah ini.

  • Mengganti template Blogspot dengan file template.TXT
1. Pertama, buka file .TXT tersebut dengan program Notepad dan copy seluruh kodenya
2. Lalu kembali ke setting template di Blogspot


3. Kemudian pilih "Edit HTML"


4. Sudah pada HTML template, arahkan pointer kursor pada kode HTML dan blok (Ctrl+A) seluruh kode lalu tekan delete.
5. Paste-kan kode template baru yang sudah kamu copy di Notepad tadi kedalamnya.

6. Klik "Pratinjau template" apakah ada yang erorr atau tidak. Jika ada error kode baca keterangan error-nya dimana dan segera perbaiki.

7. Jika sukses klik "Simpan template"

Selesai, dan selamat menikmati penampilan baru blog kamu :)

Ceritakan ini di :

Facebook Google+ Twitter Digg

Tentang Penulis :

Ansory Esce
Dia bukanlah seseorang yang memiliki segudang ilmu untuk bisa diceritakan. Bukan juga seorang Blogger profesional yang bisa menggurui kalian tentang ilmu Blogging atau tentang ilmu Internet lainnya. Dia hanyalah seorang Blogger "alakadarnya" yang memiliki keterbatasan pengetahuan. Menulis di Blog ia lakukan sekedar untuk mengenal banyak teman baru serta sebagai media untuk belajar dan saling berbagi. Selengkapnya..
Berteman dengannya di: Facebook | Twitter | Google+

Belum ada komentar untuk "Cara Mengganti Template Blogspot"

Post a Comment